Waspada siaga kekeringan di wilayah NTB, ini data wilayahnya!

id Kekeringan NTB,Kekeringan di NTB,Siaga kekeringan di NTB,Wilayah kekeringan di NTB,BMKG

Waspada siaga kekeringan di wilayah NTB, ini data wilayahnya!

Peta kekeringan di wilayah Nusa Tenggara Barat (ANTARA/BMKG)

Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis pada level siaga di Nusa Tenggara Barat (NTB) memasuki puncak musim kemarau 2023.

"Status kekeringan di wilayah NTB mulai memasuki level siaga dan waspada," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB  Afriyas Ulfah dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Kamis.

Peringatan dini kekeringan pada level siaga terdapat di Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Utara di wilayah Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Sakra Barat, Sambelia, dan Terara.

"Selain itu level siaga di Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Batulanteh dan Lape, Kabupaten Dompu di Kecamatan Pajo, Kabupaten Bima di Kecamatan Lambu, Madapangga, Sape, dan Wawo," katanya.

Sedangkan peringatan dini kekeringan pada level waspada terdapat di Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Batukliang, Praya, dan Praya Barat. Kemudian Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Jerowaru, Keruak, Sembalun dan Sikur. Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Alas, Labangka, Labuhan Badas, Plampang, Rhee, dan Utan.

Kabupaten Dompu di Kecamatan Dompu, Huu, Kempo, dan Kilo, Kabupaten Bima di Kecamatan Bolo, Donggo, Parado, Sanggar, dan Soromandi.

"Kota Bima di Kecamatan Raba dan Rasanae Timur," katanya.

Ia mengatakan kondisi curah hujan di wilayah NTB pada dasarian III Mei 2023 umumnya dalam kategori Rendah (0 -10 milimeter/das) yang terjadi merata di seluruh wilayah NTB. Curah Hujan tertinggi tercatat terjadi di Pos Hujan Selaparang, Kota Mataram sebesar 4 milimeter/dasarian.

"Sifat hujan pada dasarian III Mei 2023 di wilayah NTB didominasi kategori Bawah Normal (BN)," katanya.

Sementara itu, monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut -turut (HTH) Provinsi NTB secara umum berada pada kategori menengah (11 -20 hari) hingga panjang (21 -30 hari).

"Namun, terdapat beberapa wilayah dengan HTH dalam kategori sangat panjang (31-60 hari) yang tersebar di sebagian Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa bagian Utara, serta sebagian wilayah Kabupaten Bima dan Dompu," katanya.

Pada dasarian I Juni 2023 (01 - 10 Juni 2023) diprakirakan peluang curah hujan <20 milimeter/dasarian dengan probabilitas >90 persen terjadi di beberapa wilayah NTB seperti Kabupaten Lombok Tengah bagian Selatan, Kabupaten Lombok Utara bagian Barat, Kabupaten Sumbawa Bagian Timur, Kabupaten Dompu, Kabupaten dan Kota Bima.

"Peluang curah hujan <20 dengan intensitas 50 - 100 milimeter/dasarian merata di seluruh wilayah NTB dengan peluang <10 persen," katanya.