Nelayan Lombok Tengah diberi alat tangkap ikan

id Nelayan Lombok Tengah,Bantuan Alat Tangkap Ikan,Lombok Tengah,Bupati Lombok Tengah

Nelayan Lombok Tengah diberi alat tangkap ikan

Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat Lalu Pathul Bahri usai menyerahkan bantuan kepada para nelayan di Kuta, Selasa (11/7/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan bantuan alat tangkap ikan bagi para nelayan di Kecamatan Pujut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah pesisir.

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri di Praya, Selasa mengatakan, program ini salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pembinaan ke masyarakat atau nelayan, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir.

"Program ini diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir pantai di Lombok Tengah," katanya saat menyerahkan bantuan kepada para nelayan di Desa Kuta.

Bantuan yang diberikan ke para nelayan itu berupa perahu penangkapan ikan, mesin perahu, alat pancing. Selain itu, diberikan sarana dan prasarana penyediaan pembudidayaan ikan dan pembudidayaan rumput laut serta lainnya.

"Intinya bantuan yang diberikan merupakan alat penangkapan ikan dan budidaya," katanya.

Program ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah dengan DPRD, karena anggaran program ini bersumber dari dana pokok pikiran dewan dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023.

"Anggaran program ini Rp1,8 miliar," katanya .

Dengan adanya program bantuan alat tangkap ikan itu bisa meningkatkan pendapatan para nelayan, sehingga apa yang dihasilkan bisa meningkatkan kesejahteraan mereka dan menyekolahkan anak-anaknya.

Selain itu, program ini diharapkan bisa meningkatkan semangat para nelayan untuk tetap bekerja dan menangkap ikan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir.

"Ini untuk mendukung peningkatan pendapatan para nelayan," katanya.

Ia berharap kepada para nelayan untuk yang mendapatkan bantuan tersebut untuk bisa memanfaatkan dengan baik, sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah bisa terwujud.

"Bantuan yang diberikan ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan bersama," katanya.