Pekan Raya Sulsel untuk perkuat ekonomi UMKM

id Pemprov Sulsel, Pekan Raya Sulsel, HUT Sulsel

Pekan Raya Sulsel untuk perkuat ekonomi UMKM

Pembukaan Pekan Raya Sulsel Ke-9 di Wisma Negara area CPI Makassar, Sulsel, Senin (28/8/2023). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Makassar, Sulsel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pekan Raya Sulsel sebagai salah satu upaya pemerintah daerah memperkuat pelaku ekonomi dari sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kegiatan tahunan yang menjadi rangkaian HUT Ke-354 Sulawesi Selatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Wisma Negara, area CPI Makassar, Sulsel, Senin malam.

Tahun ini, yang merupakan kali ke-9 Pekan Raya Sulsel, digelar pada 28 Agustus hingga 3 September mendatang. "Kita gelar Pekan Raya Sulsel yang biasa disebut PRS sebagai wadah UMKM kita mempromosikan produk mereka, termasuk dari daerah. Ada juga wahana keluarga," ujar Andi Sudirman.

Pekan Raya Sulsel merupakan sarana atau media promosi dan sosialisasi dalam memperkenalkan produk terbaru kepada masyarakat sekaligus ajang hiburan bagi keluarga. Pekan Raya Sulsel akan dimeriahkan berbagai produk andalan Sulsel dari 24 kabupaten/kota, termasuk produk dari masing-masing OPD di Sulsel.

Menurut Andi, pelaksanaan Pekan Raya Sulsel dipastikan akan memberikan dampak positif pada promosi pariwisata, kunjungan wisatawan, ekonomi masyarakat, pelaku usaha, UMKM, dan masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel Ahmadi Akil menambahkan Pekan Raya Sulsel akan diisi dengan pameran yang menampilkan produk andalan Sulsel, pasar rakyat, wahana anak-anak, dan kuliner. "Tahun ini peserta meningkat, sekitar 300 UMKM," katanya.

Baca juga: Ajang Pesta UMKM 2023 tingkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan
Baca juga: Pemkab Banyuwangi dukung 1.000 UMKM peroleh sertifikasi halal


Pada kesempatan ini, seluruh kepala daerah kabupaten/kota juga turut hadir. Mereka juga menjadi penerima penghargaan dari Pemprov Sulsel terhadap peningkatan dan pengembangan daerah dengan penilaian berdasarkan zona wilayah. Pembukaan Pekan Raya Sulsel juga mempertontonkan capaian kerja Gubernur Sulsel Andi Sudirman selama masa kepemimpinannya bersama OPD Sulsel.