Ajang Pesta UMKM 2023 tingkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan

id Kabupaten Malang, Pesta UMKM 2023, UMKM, Usaha Mikro

Ajang Pesta UMKM 2023 tingkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan

Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Hamid Wahid (kedua kiri) pada saat memberikan keterangan kepada media di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023). (ANTARA/HO-KPEU MUI)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ajang Pesta UMKM 2023 yang akan digelar pada 28-30 Agustus 2023 dengan melibatkan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan khususnya di wilayah Jawa Timur.

Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Hamid Wahid, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa dalam Pesta UMKM 2023 tersebut akan memberikan kesempatan pelaku UMKM Jawa Timur untuk memamerkan berbagai produk unggulan. "Ini adalah langkah strategis, pameran, bisnis matching dan upaya untuk merangsang serta meningkatkan daya beli masyarakat," kata Hamid.

Hamid menjelaskan, pada Pesta UMKM 2023 tersebut para pelaku usaha nantinya akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk-produk unggulan, termasuk juga memperluas jejaring kerja sama antar pelaku usaha dan investor. Menurutnya, para pelaku usaha akan memiliki peluang untuk terlibat dalam dalam interaksi bisnis dengan rekanan seperti sektor industri, konsumen, dan calon pembeli. Hal tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi yang saling menguntungkan. "Langkah-langkah ini merupakan strategi yang penting untuk bisa diimplementasikan, guna meningkatkan UMKM," katanya.

Ia menambahkan, di tengah tantangan ekonomi global saat ini, inisiatif-inisiatif yang terencana dengan baik seperti Pesta UMKM 2023 dapat berfungsi sebagai katalisator untuk mendorong kemajuan sektor UMKM Jawa Timur.

Dalam penyelenggaraan Pesta UMKM 2023 itu, juga akan memberikan pandangan baru kepada para pelaku usaha khususnya terkait produk halal dan perizinan usaha. Pelaku usaha akan diberikan penjelasan mendetil untuk menaikkan kelas usaha yang digelutinya. "Segmen- segmen tersebut bertujuan untuk memberikan informasi, penjelasan, dan panduan mengenai proses sertifikasi halal serta berbagai prosedur perizinan," ujarnya.

Pesta UMKM 2023 yang digelar KPEU MUI Jawa Timur tersebut bertujuan untuk mendorong perkembangan UMKM yang ada di wilayah itu. Pelaku UMKM yang turut serta pada Pesta UMKM 2023, akan diseleksi terlebih dahulu sebelum mengikuti pameran.

Baca juga: ASEAN harus berpihak ke UMKM tumbuhkan ekonomi regional
Baca juga: Bank Kalsel-BI melibatkan 20 UMKM sukseskan QRIS Nasional


Pesta UMKM akan memberikan ruang bagi 100 pelaku usaha yang berasal dari wilayah Jawa Timur untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan, dan memperluas akses pasar guna memperbesar skala usaha mereka.