Pemerintah Malang minta kepala desa gali potensi ekonomi wilayah

id Kabupaten Malang, Pemkab Malang, Desa Wisata, Potensi Desa,Perekonomian Desa

Pemerintah Malang minta kepala desa gali potensi ekonomi wilayah

Bupati Malang M Sanusi (kanan) pada saat melantik tujuh kepala desa di Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). ANTARA/Vicki Febrianto.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur,  meminta sejumlah kepala desa yang baru saja dilantik, untuk menggali berbagai potensi ekonomi di tiap wilayah yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Bupati Malang M Sanusi di Pendopo Kabupaten Malang, Jumat, mengatakan bahwa tujuh orang kepala desa yang dilantik berdasarkan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) tersebut, harus mampu memetakan potensi masing-masing desa.

"Saya minta untuk menggali potensi desa, apa yang bisa dikembangkan dan segera membangun desa agar Malang Makmur cepat tercapai," kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan, sejumlah potensi yang harus dikembangkan oleh kepala desa yang baru saja dilantik tersebut di antaranya adalah sektor pariwisata, peternakan, pertanian dan lainnya yang sesuai dengan keunggulan masing-masing desa.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Malang akan memberikan bantuan dan pendampingan bagi desa-desa yang memiliki berbagai potensi tersebut. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Malang memberikan dukungan penuh ke berbagai wilayah untuk mengembangkan potensi.

"Akan kita lihat dulu, sektor apa saja yang bisa kami support  seperti potensi peternakan, pertanian, termasuk pariwisata akan kami dukung. Kami ingin pengembangan fokus untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Dalam kesempatan itu, ada  tujuh kepala desa yang dilantik berdasarkan hasil PAW yakni pada Desa Purwosari, Kecamatan Singosari, Desa Bantur, Kecamatan Bantur, dan Desa Tumpukrenteng, Kecamatan Turen.

Kemudian, Desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo dan Desa Pucangsongo, Kecamatan Pakis. Pergantian tersebut dikarenakan ada kepala desa yang meninggal, dan ada yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

Wilayah Kabupaten Malang memiliki 378 desa dan 12 kelurahan yang tersebar pada 33 kecamatan. Wilayah tersebut memiliki berbagai potensi ekonomi, termasuk sektor pariwisata yang menjanjikan.

Selain potensi wisata alam pantai, seperti di Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Ngliyep, dan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang, juga memiliki potensi untuk mengembangkan berbagai desa-desa wisata.

Di wilayah tersebut, setidaknya terdapat dua desa yang menjadi destinasi wisata unggulan yakni Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang yang mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk Kategori Desa Mandiri Inspiratif.

Baca juga: Mabar sebut Jalur Pesona Indonesia angkat potensi daerah
Baca juga: Bantul dapat alokasi Danais Rp1,6 miliar pengembangan potensi desa


Kemudian, Desa Sanankerto yang meraih Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata, serta mendapat apresiasi dari forum internasional, atas keikutsertaannya dalam ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Awards ke-5 Tahun 2022.