Polri pamerkan peralatan cangih di pameran ITE

id ITE 2023 expo, kemendagri, mendagri, mabes polri, peralatan canggih polri

Polri pamerkan peralatan cangih di pameran ITE

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengunjungi stan Polri yang menampilkan peralatan canggih pada acara pameran dan Forum Teknologi Terpadu atau Integrated Technology Event (ITE) 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (30/8/2023). ANTARA/HO-Divhumas Polri

Jakarta (ANTARA) - Polri menampilkan sejumlah peralatan canggih dalam mendukung tugas kepolisian dalam ajang pameran dan Forum Teknologi Terpadu atau Integrated Technology Event (ITE) 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (30/8).
 

Acara yang dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian itu Polri berhasil meraih juara pertama kategori stan terbaik. "Keseriusan Polri mengikuti pameran ini membuahkan hasil dengan Polri meraih penghargaan juara 1 kategori design booth pameran terbaik," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho di Jakarta.

Sandi Nugroho mengatakan bahwa pameran tersebut terbesar di Asia Tenggara itu. Pameran ini diikuti oleh ratusan industri keamanan dalam dan luar negeri, termasuk salah satunya institusi Polri.

Dalam pameran tersebut, kata Sandi, Polri mengikut sertakan 10 satuan kerja (satker) dengan menampilkan teknologi dan peralatan terbaru guna mendukung pelaksanaan tugas dalam penegakan hukum serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini sesuai dengan roadmap transformasi Polri, utamanya transformasi organisasi dengan program prioritas Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, yaitu perubahan teknologi kepolisian modern pada Era 4.0," kata Sandi.

Salah satu peralatan terbaru dan tercanggih yang ditampilkan Polri pada pameran ini adalah mobil penghasil air dari udara serta drone milik Korps Brimob. Mobil ransus (kendaraan khusus) ini mampu menghasilkan 600 liter air per hari layak minum.
 

Polri juga mempromosikan teknologi yang dimiliki seperti Korlantas Polri dengan ETLE Mobile dan kendaraan patroli bertenaga listrik dan peralatan penjinak bom. Berikutnya Divhumas Polri, SDM Polri, Korps Sabhara, Pusdokkes, INAFIS, Labfor dan SLog serta layanan SIM keliling.

ITE 2023 terdiri atas rangkaian pameran dan forum internasional, yakni Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City 2023 Expo and Forum yang diikuti lebih dari 500 peserta dari 28 negara, termasuk di dalamnya enam paviliun negara, antara lain, Indonesia, Tiongkok, Jerman, Korea Selatan, Swiss, dan Taiwan.

Pengunjung tampak antusias terhadap salah satu alat yang menjadi andalan Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi pusat perhatian pengunjung pameran, termasuk Menteri Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi penyelenggaraan pameran dan ITE 2023 di JIExpo Kemayora. Mantan Kapolri itu merekomendasikan ITE 2023 untuk dihadiri oleh berbagai pihak di sektor terkait. Hal ini mengingat dalam pameran dan forum internasional ini Indonesia dapat memperkenalkan digitalisasi di berbagai sektor.

Baca juga: Kemenkumham Sumsel gandeng Kodim Palembang pengamanan lapas
Baca juga: Forkopimda Sukabumi bersama Polri gelar aksi tanam pohon

"Digitalisasi akan memudahkan pelayanan publik, akses publik, transportasi yang baik, kesehatan, dan pendidikan, kemudian sistem penanganan krisis sehingga suatu saat dapat diterima oleh semua masyarakat, bahkan di tengah masyarakat adat sekalipun, untuk mempermudah kehidupan," kata Tito.