Mataram masuk nominasi penilaian penghargaan Adipura Tahun 2023

id Mataram masuk nominasi Adipura,Adipura, Nominasi Penghargaan Adipura, Kota Mataram

Mataram masuk nominasi penilaian penghargaan Adipura Tahun 2023

Ilustrasi: petugas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menangani sampah sungai. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk menjadi nominasi penilaian untuk mendapatkan penghargaan Adipura 2023 bidang kebersihan lingkungan dari pemerintah pusat. "Hari ini tim penilai Adipura dari pemerintah pusat sedang turun melakukan penilaian sampai besok (5/9)," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Irwansyah di Mataram, Senin.

Dari 10 kabupaten/kota yang ada di NTB, katanya, Kota Mataram masuk nominasi penghargaan Adipura bersama Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara. "Kita menjadi kota terakhir yang dinilai oleh tim, setelah sebelumnya sudah turun ke Lombok Tengah, KLU, dan Lombok Timur," katanya.

Menurut dia beberapa tempat yang menjadi lokasi penilaian antara lain, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), pasar, sekolah, terminal, kawasan perumahan dan permukiman, serta kebersihan saluran dan sungai yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). "Dengan berbagai program penanganan sampah yang sudah kita laksanakan selama ini, kami optimistis Kota Mataram tahun ini akan dapat Adipura," katanya.

Apalagi, tambah Irwan, pemberian penghargaan Adipura kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana kalau daerah yang ingin ikut lomba penghargaan Adipura maka harus mendaftarkan diri. "Tapi sekarang, pemerintah pusat melakukan penilaian dan mengeluarkan nominasi kabupaten/kota untuk dilakukan penilaian lebih lanjut," katanya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Lalu Alwan Basri sebelumnya mengatakan, ada atau tidak ada Adipura program kebersihan di Kota Mataram sudah digencarkan melalui berbagai kegiatan penanganan sampah. "Tantangan kita saat ini bagaimana kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di saluran, sungai, atau pada lokasi yang bukan tepatnya," katanya.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Kota Sukabumi
Baca juga: Kemnaker terima penghargaan Merdeka Awards


Alwan menyakini, apabila semua pemangku kepentingan dan masyarakat memiliki komitmen dan semangat yang sama dalam bidang kebersihan, maka Kota Mataram bisa meraih Piala Adipura 2023. "Selain di lingkungan, sampah di fasilitas umum seperti terminal, sekolah, dan pasar juga tetap menjadi prioritas utama," katanya.