Polresta Mataram gencarkan razia kendaraan jelang Natal dan tahun baru

id razia kendaraan jelang natal-tahun baru, knalpot brong, polresta mataram, jaga kamtibmas natal-tahun baru

Polresta Mataram gencarkan razia kendaraan jelang Natal dan tahun baru

Sejumlah pemuda terjaring razia kendaraan di simpang empat Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTB di Jalan Pejanggik, Mataram, Sabtu malam (23/12/2023). (ANTARA/HO-Polresta Mataram)

Yang menjadi prioritas kami dalam kegiatan ini adalah kendaraan yang menggunakan knalpot brong
Mataram (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggencarkan razia kendaraan menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Yang menjadi prioritas kami dalam kegiatan ini adalah kendaraan yang menggunakan knalpot brong. Kenapa? Karena kendaraan berknalpot brong ini sudah sangat meresahkan masyarakat maupun pengguna jalan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko di Mataram, Minggu.

Razia dilaksanakan dengan melihat potensi kerawanan, salah satunya mengincar aksi balap liar di jalan raya yang kerap terjadi pada malam hari.

"Lokasi yang sering menjadi arena balap liar ini ada beberapa titik di Kota Mataram, semua sudah kami petakan," ujarnya.

Baca juga: Kapolresta Mataram ajak masyarakat jaga keamanan Natal dan Tahun Baru 2024

Lokasi tersebut berada di Jalan Udayana, Jalan Langko, Jalan Pejanggik, dan jalur lingkar selatan Kota Mataram.

"Tadi malam juga sudah kami lakukan giat razia dan berhasil menindak tegas sejumlah pelanggaran. Banyak kendaraan yang kami temukan masih menggunakan knalpot brong dan berkendara tanpa menghiraukan keselamatan," ucap dia.

Bowo menegaskan bahwa pihaknya pada giat Sabtu malam (23/12), telah mengamankan puluhan kendaraan yang menggunakan knalpot brong dan pengendara yang tidak melengkapi syarat keselamatan berkendara.

Dengan memaparkan hasil kegiatan tersebut dia berharap agar para pengendara, khususnya yang berasal dari kalangan muda untuk menyadari pentingnya menjaga keselamatan diri maupun orang lain saat berkendara.

"Berperilakulah sebagai pengendara yang tertib dengan mematuhi ketentuan berkendara," katanya.

Lebih lanjut, Bowo menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan giat ini sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Tujuannya jelas, sesuai amanah pimpinan kami, agar situasi keamanan dan ketertiban saat perayaan Natal dan Tahun Baru tetap kondusif," ujar Bowo.

Baca juga: Kapolda NTB beberkan empat target pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024
Baca juga: Satpol PP Mataram petakan pengamanan jelang Natal 2023