Baznas pugar puluhan rumah tidak layak huni di Mataram

id Baznas Mataram,ZIS,Baznas,Mataram,Lombok,Djaswad,RTLH,Rumah Tidak Layak Huni,Bali,Ramadhan,Zakat

Baznas pugar puluhan rumah tidak layak huni di Mataram

Dokumen - Pemugaran rumah salah satu warga di Kelurahan Dasan Agung Kota Mataram oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tahun 2023. ANTARA/Nirkomala.

Pelaksanaan program pemugaran rumah tidak layak huni saat ini dalam tahap seleksi sasaran di tingkat kelurahan
Mataram (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan program pemugaran puluhan rumah tidak layak huni (RTLH) pada tahun 2024, sebagai upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem di kota itu.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram H Djaswad di Mataram Senin mengatakan, program tersebut bertujuan untuk mengentaskan rumah dengan kategori kumuh, pemerataan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak mampu.

"Pelaksanaan program pemugaran rumah tidak layak huni saat ini dalam tahap seleksi sasaran di tingkat kelurahan," katanya.

Baca juga: Baznas siapkan beasiswa program satu keluarga satu sarjana di Mataram

Dia menjelaskan, jumlah RTLH yang akan dipugar tahun 2024 itu ditargetkan sebanyak 20 unit. Target ini merupakan target awal, karena biasanya jumlahnya akan bertambah sesuai dengan kondisi di lapangan dan penghimpunan zakat, infak, sedekah (ZIS) yang masuk.

"Seperti tahun 2023, pemugaran RTLH kita targetkan 20 unit, tapi realisasinya bisa mencapai 45 unit rumah kumuh tidak layak huni yang kita pugar," katanya.

Menurutnya, dalam seleksi calon penerima program tersebut biasanya diajukan melalui lingkungan, kemudian diseleksi kelurahan, selanjutnya barulah tim Baznas turun melihat layak atau tidaknya rumah yang diajukan kelurahan untuk dapat bantuan pemugaran.

Dalam program pemugaran rumah kumuh, katanya, satu unit rumah sasaran mendapatkan bantuan sebesar Rp16 juta untuk kategori renovasi atau pugar.

"Sedangkan untuk rumah tidak layak huni yang dibangun baru mendapatkan bantuan Rp23 juta," katanya.

Baca juga: Baznas Kota Mataram target himpun zakat Rp6,5 miliar

Hanya bantuan yang diberikan itu bukan uang tunai, melainkan dalam bentuk bahan bangunan sekaligus untuk pembayaran ongkos tukang.

Bagi rumah kumuh yang dibangun baru, harus dipastikan bahwa lahan tempat bangunan rumah adalah hak milik sendiri bukan orang lain. Jangan sampai setelah dibangun ada pihak lain yang menggugat.

"Karena itu sebelum sasaran kita tetapkan, kami harus pastikan hak kepemilikan lahan untuk bantuan bangun baru," katanya.

Baca juga: Dinsos- Baznas Mataram siap bantu perbaiki rumah korban angin puting beliung

Djaswad mengatakan, program bantuan pemugaran rumah kumuh itu merupakan salah satu dari lima program kemaslahatan umat yang dilaksanakan Baznas Kota Mataram, yakni program "Mataram Peduli".

"Pelaksanaan program 'Mataram Peduli' tersebut juga bersumber dari ZIS yang dihimpun Baznas Mataram dari kalangan Aparatur Sipil Negara -ASN- Muslim di lingkup Pemerintah Kota Mataram," katanya.

Tentang target penghimpunan ZIS dari kalangan ASN tahun 2024, Baznas Kota Mataram menetapkan sebesar Rp6,5 miliar dari potensi sekitar Rp10 miliar.

Baca juga: Baznas Mataram mengubah sistem pembayaran zakat ASN guna optimalkan ZIS