Pangdam IX Udayana Mayjen Bambang panen jagung di Lombok Timur

id Panen raya ,TNI,Lombok Timur ,NTB

Pangdam IX Udayana Mayjen Bambang panen jagung di Lombok Timur

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi saat melakukan panen raya jagung di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, Sabtu (04/05/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur

Mataram (ANTARA) - Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi melakukan panen raya jagung di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgebaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pangdam IX Udayana di Mataram, Sabtu, mengatakan, NTB merupakan salah satu dari lima provinsi penghasil jagung terbesar secara nasional, sementara Kabupaten Lombok Timur sendri merupakan sentra utama jagung khususnya di Pringgabaya dan Jerowaru.

"Pertanian jagung ini dilaksanakan TNI Angkatan Darat dan hari ini kita panen raya," katanya.

Potensi lahan pertanian tanaman jagung di wilayah Kabupaten Lombok Timur, menurut dia, cukup besar, sehingga diharapkan para babinsa bisa mengawal program ketahanan pangan nasional dengan berkolaborasi bersama para petani.

“Babinsa harus menjadi garda terdepan dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional,” katanya.

Sementara Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik mengatakan harga jual pertanian masih rendah, akan tapi masyarakat tetap semangat untuk menanam dan optimistis akan ada jalan keluarnya.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana minta TNI Lombok Tengah jaga ketahanan pangan
Baca juga: TNI AL dan USMC adakan latihan infiltrasi

"Lombok Timur sebagai lumbung jagung provinsi NTB dan bisa menjadi lumbung pangan nasional," katanya.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan produksi para petani dengan terus melaksanakan berbagai program maupun penyuluhan. "Dengan program yang dilaksanakan pemerintah diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian di Lombok Timur," katanya.