DKP Mataram tunggu kepastian program bantuan beras CPP triwulan III

id CPP mataram,beras,DKP mataram

DKP Mataram tunggu kepastian program bantuan beras CPP triwulan III

Dokumen: pendistribusian bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) di Kelurahan Dasan Agung Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Tapi sebelum ada informasi resmi dari pemerintah, kami belum bisa sampaikan ke publik. Jadi kita tunggu saja kepastiannya
Mataram (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), masih menunggu kepastian pelaksanaan program lanjutan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk triwulan tiga tahun 2024 yakni bulan Juli, Agustus, dan September.

Kepala DKP Kota Mataram Lalu Johari di Mataram, Senin, mengatakan jika membaca dari running text media-media nasional ada disebut bantuan beras CPP berlanjut ke triwulan tiga.

"Tapi sebelum ada informasi resmi dari pemerintah, kami belum bisa sampaikan ke publik. Jadi kita tunggu saja kepastiannya," kata Lalu Johari menanggapi pertanyaan dari masyarakat penerima bantuan terkait lanjutan program bantuan beras CPP untuk triwulan ketiga tahun 2024.

Baca juga: Sebanyak 382,3 ton beras CPP kuota April 2024 didistribusikan di Mataram

Menyinggung tentang pendistribusian bantuan beras CPP triwulan dua untuk bulan April dan Mei, Johari mengatakan kuota CPP April 2024 baru selesai dibagi akhir bulan Mei 2024.

Keterlambatan pendistribusian itu terjadi, kata dia, karena banyaknya libur dan cuti bersama pada bulan April dan Mei, sehingga proses administrasi dan usulan pendistribusian terkendala.

"Sementara untuk kuota Mei, bantuan beras CPP kita jadwalkan minggu kedua bulan Juni ini. Untuk kuota, Juni dibagi kita usahakan juga terbagi bulan ini agar tepat waktu," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram siap bagikan bantuan beras CPP triwulan kedua 2024

Menurutnya, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) beras CPP di Kota Mataram sebanyak 38.203 KPM, tersebar pada enam kecamatan dengan jatah satu KPM masing-masing 10 kilogram.

"Dengan demikian total beras CPP yang dibagi ke KPM di Kota Mataram sebanyak 382,3 ton," katanya.

Johari mengatakan dalam proses pembagian bantuan beras CPP sejauh ini berjalan lancar dan aman, serta tidak pernah ada komplain dari masyarakat terkait dengan volume dan kualitas beras.

Baca juga: Bantuan beras CPP di Mataram berlanjut hingga Juni 2024

Kondisi itu terjadi karena setiap akan dilakukan pendistribusian bantuan CPP, tim DKP tetap turun ke dua gudang Bulog yang ada di Kota Mataram yakni gudang di Dasan Cermen dan Sweta.

"Tim kami turun untuk memastikan volume dan kualitas beras yang akan dibagi sesuai dan layak konsumsi," katanya.

Baca juga: DKP Mataram cek kualitas beras CPP untuk 38.203 keluarga penerima