Lombok Barat raih TPID Award 2024 sebagai Kabupaten Berkinerja Terbaik

id Pemkab Lombok Barat,Lombok Barat,TPID Award 2024,NTB

Lombok Barat raih TPID Award 2024 sebagai Kabupaten Berkinerja Terbaik

Penjabat Bupati Lombok Barat Ilham (kanan) bersama Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi (tengah) dan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana (kiri) usai menerima piala TPID Award dari Presiden Jokowi di Istana Jakarta, Jumat (14/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkab Lombok Barat).

Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali meraih Kabupaten Terbaik dalam TPID Award 2024 yang diserahkan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Penjabat Bupati Lombok Barat (Lobar) Ilham usai menerima piala TPID Award dari Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak sehingga Lombok Barat menjadi TPID berkinerja terbaik.

"Terima kasih kepada semua pihak atas kerja keras dan kolaborasi-nya kita dapat meriah prestasi ini," ujarnya melalui keterangan tertulis di Lombok Barat.

Ia mengatakan penghargaan ini hasil kerja keras semua pihak dan hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk para pemimpin sebelumnya.

Ia meminta prestasi ini menjadi motivasi untuk terus bergerak dalam mengendalikan inflasi.

"Semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua dalam mengendalikan inflasi," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Tim Pengendali Inflasi Daerah karena berkat kerja keras Inflasi di Indonesia dapat terkendali dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Ia mengatakan bahwa pada periode Mei 2024, inflasi Indonesia berada di angka 2,84 persen. Kondisi ini baik dan memberikan pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kerja keras Tim Pengendali Inflasi telah membuahkan hasil sehingga inflasi kita pada Mei 2024 ini berada pada posisi 2,84 persen. Ini adalah salah satu yang terbaik di dunia," katanya.

Selain Kabupaten Lombok Barat, penghargaan ini juga diberikan kepada Kota Mataram yang meraih penghargaan kategori TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik 2024, termasuk Pemerintah Provinsi NTB kategori TPID Provinsi Berkinerja Terbaik untuk kawasan Nusa Tenggara dan Papua.

Selain NTB, penghargaan yang sama juga diterima Provinsi Jawa Tengah untuk kawasan Jawa-Bali, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kawasan Sulawesi, Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan Sumatra.

Pada 2022, TPID Lombok Barat juga meraih prestasi sebagai Kabupaten Terbaik untuk wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Prestasi ini menjadi motivasi bagi TPID Lombok Barat dalam bergerak mengendalikan inflasi.

Saat ini, TPID Lombok Barat telah melaksanakan berbagai strategi dalam mengendalikan inflasi, salah satunya gerakan menanam cabai, kerja sama pasokan antardaerah dan komunikasi efektif melalui siniar dan pemberitaan media.