BNPB : dampak letusan Anak Krakatau tak akan sedahsyat letusan Krakatau 1883

id BNPB,Gunung Anak Krakatau,Gunung Krakatau,Meletus,1883

BNPB : dampak letusan Anak Krakatau tak akan sedahsyat letusan Krakatau 1883

Foto udara letusan gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Minggu (23/12). BMKG menyampaikan telah terjadi letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Sabtu (pukul 17.22 WIB, 22 Desember 2018) dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak (sekitar 1.838 meter di atas permukaan laut). (ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat).

Jakarta (Antaranews NTB) - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Nugroho, mengatakan, dampak letusan Gunung Anak Krakatau tidak akan sebesar letusan Gunung Krakatau pada 26 Agustus 1883.

"Letusan Gunung Anak Krakatau hanya akan terjadi kecil, tidak seperti ibunya pada 1883, karena ukurannya juga berbeda," kata dia, saat jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, diameter Gunung Anak Krakatau hanya berkisar dua kilometer. Sedangkan Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 memiliki diameter enam kali lipat, yaitu mencapai 12 kilometer.

Meskipun diperkirakan dampak letusannya tidak akan sebesar Gunung Krakatau pada 1883, dia tetap meminta masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Anak Krakatau untuk meningkatkan kewaspadaan tetapi tetap tenang.

"Tetap mengacu pada informasi-informasi resmi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika," tuturnya.

Gunung Krakatau di Selat Sunda meletus pada 1883 dengan didahului aktivitas seismik beberapa kali. Suara letusannya sangat kuat, bahkan terdengar hingga Australia dan Mauritius.

Kapal-kapal yang berlayar di Afrika Selatan juga melaporan guncangan tsunami yang disebabkan letusan Gunung Krakatau.

Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau, Sabtu (22/12), menyebabkan tsunami di Selat Sunda.


Lima kabupaten di dua provinsi terdampak tsunami itu, yaitu Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten serta Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus di Provinsi Lampung.

Hingga Jumat, jumlah korban meninggal dunia mencapai 426 orang.

Baca juga: BNPB: 1.600 penduduk Pulau Sebesi sudah dipindahkan

Baca juga: Pandeglang paling terdampak tsunami Selat Sunda