BIRO KEUANGAN NTB PERCEPAT PEMBAYARAN TKD PNS

id

          Mataram, 9/9 (ANTARA) - Biro Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Nusa Tenggara Barat (NTB) berupaya mempercepat realisasi pembayaran tunjangan kinerja daerah (TKD) PNS Pemerintah Provinsi NTB untuk dua bulan sekaligus agar dapat dimanfaatkan untuk merayakan Lebaran.

         "Begitu usul TKD sampai di meja saya, segera diproses untuk direalisasi," kata Kepala Biro Keuangan Setda NTB Awaludin kepada wartawan di Mataram, Rabu.

         Awaludin menegaskan bahwa kucuran dana TKD dua bulan sekaligus itu tetap direalisasikan sesuai dengan instruksi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) KH M Zainul Majdi.

         Penegasan itu sekaligus klarifikasi atas perbedaan pandangan di jajaran PNS Pemprov NTB tentang pembayaran TKD dua bulan sekaligus. Sebagian PNS tidak yakin dengan hal itu, sebagian lagi optimistis terealisasi.

         "Saya perkirakan pekan ini sudah ada realisasi pembayaran TKD dua bulan sekaligus. Kalau pun masih ada kendala administrasi sebelum 17 September sudah terealisasi," ujarnya.

         Ia mengatakan besaran TKD untuk para pegawai di jajaran Setda NTB antara Rp300 ribu bagi pegawai golongan I hingga Rp8 juta untuk Sekretaris Daerah (Sekda).

         Nilai TKD PNS Pemprov NTB untuk jabatan Kepala Bagian (Kabag) misalnya mencapai Rp1,48 juta, Kepala Sub Bagian (Kasubag) sebesar Rp935 ribu, dan jabatan pelaksana golongan III sebesar Rp535 ribu.

         Sementara nilai TKD PNS golongan II di Pemprov NTB mencapai Rp400 ribu dan khusus untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebesar Rp300 ribu.

         Jumlah PNS di Pemerintah Provinsi NTB yang berhak menerima gaji dan TKD mencapai 7.652 orang, yang terdiri atas 6.587 PNS dan 1.065  PTT dan honorer.

         Jumlah dana yang dibayarkan untuk gaji Agustus 2009 di jajaran Pemprov NTB mencapai Rp14,778 miliar lebih. Demikian pula jumlah anggaran untuk TKD yang setiap bulan mencapai belasan miliar rupiah.(*)