MENKOMINFO: SUDAH 32.800 DESA BERDERING DI INDONESIA

id


Palembang (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Palembang (9/4), menyebutkan sudah 32.800 desa berdering atau tersambung saluran telepon di Indonesia.

Pada kegiatan "Kominfo Goes to Mall" Pelatihan Peningkatan Literasi Internet itu, Menkominfo mengatakan sarana internet sudah masuk ke seluruh ibu kota kecamatan di Indonesia.

Sedangkan pengguna telepon genggam saat ini sudah di atas 180 juta atau hampir 200 juta, pengguna jaringan sosial "twitter" sudah 34 juta atau sama dengan pengguna "facebook".

"Jadi sudah banyak sekali," katanya.

Ia menggambarkan bisnis IT (teknologi informasi) pada 2009 sudah mencapai Rp300 triliun dan cenderung meningkat per tahunnya.

Dari perkembangan itu semua, ia berharap masyarakat, termasuk para siswa, mengembangkan kreativitas membuat konten dari berbagai sarana teknologi informasi

"Jangan main `facebook` saja, tetapi membuat konten, sehingga bisa dijual ke telekomunikasi dan sebagainya," katanya.

Ia mengemukakan ada pemenang lomba cipta konten di Indonesia dan Malaysia, anak kelas satu SMP bernama Fanani yang berhasil menciptakan konten yang diberi judul "handphone ibuku, guru adikku".

Tifatul menjelaskan, internet sehat dan aman merupakan program sosialisasi Kemenkominfo untuk menggunakan internet yang jauh dari konten pornografi, kekerasan, atau penghinaan-penghinaan atas suku, ras dan agama.

"Pemerintah menjalankan program ini di seluruh Indonesia, kampanye kepada anak muda pengguna `twiter` dan `facebook` supaya menggunakan bahasa sopan dan hal yang baik, bukan untuk menipu dan menculik anak gadis orang," katanya.(*)