Dispar Mataram siap fasilitasi sarana karantina penonton WSBK

id wsbk,mataram,covid

Dispar Mataram siap fasilitasi sarana karantina penonton WSBK

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyatakan siap memfasilitasi sarana karantina terpusat bagi penonton balap motor dunia "World Superbike" (WSBK) yang terindeifitasi positif COVID-19.

"Ketika panitia membutuhkan, kita siap fasilitasi sarana karantina terpusat bagi penonton WSBK, yang akan digelar 19-21 November 2021,di Pertamina Mandalika Sirkut Kabupaten Lombok Tengah," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Jumat.

Bahkan, lanjutnya, dua hotel yang sebelumnya menjadi rumah sakit darurat (RSD) COVID-19 yakni Hotel Nutana dan Fizz dengan kapasitas masing-masing 40 tempat tidur, bisa kembali dimanfaatkan. Kendati dua RSD darurat tersebut saat ini sudah ditutup karena kasus COVID-19 yang sudah melandai.

"Jadi untuk penyediaan fasilitas karantina, tergantung permintaan panitia WSBK," katanya.

Di sisi lain, Denny belum bisa memastikan sejauh mana dan berapa orang yang akan dikarantina sebab dari sekitar 25 ribu penonton WSBK, yang akan dikarantina adalah mereka yang dinyatakan positif tes usap antigen COVID-19 sebelum masuk ke arena sirkuit.

"Tapi prinsipnya, kita siap bahkan ditambah dengan Hotel Grand In yang sebelumnya juga menjadi pusat karantina pasien COVID-19 gejala ringan dengan kapasitas 52 kamar," katanya.

Untuk mendukung WSBK, tambah Denny, Kota Mataram telah menyiapkan 4.077 kamar, namun yang dapat digunakan sekitar 2.777 kamar sebab 1.300 kamar digunakan oleh Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) untuk karantina karyawan.

Sebanyak 2.777 kamar tersebut, termasuk tiga hotel yang sebelumnya menjadi rumah sakit darurat COVID-19 dan karantina, yakni Hotel Nutana, Fizz dan Grand Iin yang kini sudah beroperasi secara normal.

"Tapi ketika panitia WSBK membutuhkan fasilitas karantina penonton, kami siap sediakan," katanya lagi.



 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021