97 bus WSBK siap beroperasi

id Shuttle Bus,WSBK,Kuta Mandalika,Sirkuit Mandalika

97 bus WSBK siap beroperasi

Aksi petugas kepolisian mengawal shuttle bus yang mengangkut para penonton dalam simulasi pengamanan kontingensi IATC dan WSBK 2021 di Eks Bandara Selaparang, Mataram, Rabu (10/11/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 97 bus siap beroperasi di Nusa Tenggara Barat Rabu mendukung pelaksanaan World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021.

Ada tiga jenis ukuran bus yang akan mengantar penonton WSBK, mulai dari bus besar dengan kapasitas 45 kursi, bus medium 30 kursi dan sejumlah minibus. 

"Ada lima titik penempatan 'shuttle bus' yaitu bekas Bandara Selaparang, Pelabuhan Kayangan, Bandara Lombok, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Bangsal," kata Sutrisman, Wakil Ketua Organda Loteng dan Bidang Keamanan Transportasi WSBK, Rabu.

"Penonton yang telah mengantongi tiket WSBK bisa menaiki bus yang telah ditempatkan di lima titik tersebut," katanya. 

Ia menambahkan untuk penonton yang di luar titik shuttle bus bisa menggunakan angkutan sewa khusus (ASK) yang berbayar dan harganya sudah ditetapkan oleh Dinas Perhubungan NTB.

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menyarankan para penonton balap World Superbike (WSBK) 2021 memanfaatkan tumpangan gratis dari sarana transportasi penunjang Dinas Perhubungan setempat menuju Sirkuit Mandalika, Lombok.

"Kami harap penonton WSBK tidak menggunakan kendaraan umum atau milik pribadi, dan lebih memilih menggunakan sarana transportasi yang sudah disiapkan Dinas Perhubungan setempat," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Mataram, Selasa.

Dia menerangkan bahwa tipe sarana transportasi yang disiapkan untuk mengangkut para penonton WSBK menuju Sirkuit Mandalika itu berupa "shuttle" bus dengan jumlah 97 unit.

Seluruhnya, ujar Artanto, tersebar di lima pintu masuk menuju kawasan Mandalika, yakni di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Eks Bandara Selaparang, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Bangsal.

Untuk "shuttle" bus di BIZAM jumlahnya 5 unit, Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (25 unit), Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur (26 unit), Pelabuhan Bangsal, Kabupaten Lombok Utara (16 unit), dan Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram (25 unit).

"Fasilitas gratis ini hanya bisa diakses oleh pemilik tiket WSBK," ujarnya.