Ratusan bacaleg Pemilu 2024 cek kesehatan di DPRD Lombok Tengah

id Bacaleg di Lombok Tengah,Caleg di Lombok Tengah,DPRD Lombok Tengah,RSUD Praya

Ratusan bacaleg Pemilu 2024 cek kesehatan di DPRD Lombok Tengah

Ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melakukan medical check-uP atau pemeriksaan kesehatan di kantor DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan di kantor DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pemeriksaan kesehatan Bacaleg dari berbagai partai politik (Parpol) kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya," kata Sekretaris DPRD Lombok Tengah, Suhadi Kana di Praya, Selasa.

Pemeriksaan kesehatan para bakal caleg ini oleh Sekretariat DPRD Lombok Tengah hanya memfasilitasi tempat saja. Hal ini karena, ada permintaan dari RSUD Praya yang menganggap kantor dewan ini sangat representatif untuk menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan. 

“Kita hanya memberikan pinjaman ruangan yang diminta RSUD, agar  pelayanan di RSUD Praya tidak terganggu, sehingga kita pinjamkan aula untuk pemeriksaan hanya dua hari, mulai dari hari ini (red" Selasa) dan besok (red"Rabu)" katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Praya,  Dokter Mamang Bagiansah mengatakan, selain membuka pelayanan kesehatan bakal caleg di rumah sakit, pihaknya juga membuka pelayanan pengecekan kesehatan caleg di Kantor DPRD Lombok Tengah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelayanan pengecekan kesehatan bakal caleg di kantor DPRD Lombok Tengah itu dibuka selama dua hari," katanya.

Sementara itu, tim medical Check-Up RSUD Praya, Taufik Akbar  mengatakan, bakal caleg yang melakukan pemeriksaan kesehatan itu dari Partai Golkar, Nasdem, PBB, PAN, Perindo, Gerindra, Demokrat dan PDI Perjuangan.

“Ada 200 bakal caleg yang sudah melakukan pemeriksaan, tadi dari Golkar ada 50 orang, Nasdem 46 orang, PBB 48 orang, PAN 20 orang dan ada juga dari Perindo," katanya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yakni tes urine, pemeriksaan fisik, tes IQ atau kecerdasan dan tes keperibadian. Hasil tes ini akan diserahkan ke kesekretariatan DPRD Lombok Tengah untuk diberikan ke masing- masing Parpol.

“Jadi pemeriksaan kita lakukan di aula DPRD Lombok Tengah hanya dua hari dan para Bacaleg yang memanfaatkan fasilitas ini lumayan banyak. Di satu sisi kita juga sudah sediakan tim medis untuk memberikan pelayanan kepada para Bacaleg,” katanya.