Bentuk tim patroli perintis presisi di Polda Kaltara

id Polda,Polda Kaltara,Kaltara,Bentuk tim patroli perintis presisi di Polda,Bentuk tim patroli perintis presisi di Polda Kaltara

Bentuk tim patroli perintis presisi di Polda Kaltara

Direktorat Samapta Polda Kalimantan Utara membentuk Tim Patroli Perintis Presisi beranggotakan 20 orang bintara yang telah diseleksi secara mental dan kemampuan personel. ANTARA/HO-Direktorat Samapta Polda Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Polda Kalimantan Utara membentuk tim patroli perintis presisi sesuai keputusan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol M. Fadil Imran tentang panduan patroli perintis presisi Samapta Polri.

"Direktorat Samapta Polda Kaltara membentuk tim patroli perintis presisi beranggotakan 20 orang bintara yang telah diseleksi secara mental dan kemampuan personel terutama kemampuan mengendarai motor trail dan bela diri," kata Direktur Samapta Polda Kaltara Kombes Pol Joko Heri Purwono dalam pesan singkat diterima di Tarakan, Rabu (21/6).

Tim patroli perintis presisi ini dibentuk untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang semakin meningkat dan memberikan rasa aman, keselamatan masyarakat dari ancaman pelaku kejahatan.

"Kehadiran Tm Patroli Perintis Presisi Direktorat Samapta Polda Kaltara di tengah masyarakat bertujuan mencegah gangguan kamtibmas dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi," kata Joko.

Pola kegiatan Tim Patroli Perintis Presisi Direktorat Samapta Polda Kaltara mengedepankan sikap humanis melalui kegiatan patroli dialogis ditempat keramaian masyarakat atau lokasi rawan gangguan kamtibmas.

Baca juga: Polsek Kuta amankan sopir memalak wisatawan Singapura di Kuta-Bali
Baca juga: Polda NTB lanjutkan perkara TPPU bandar sabu-sabu asal Kota Mataram


Apabila terjadi tindak pidana maka anggota patroli akan menggunakan kekuatan dalam tindakan kepolisian sesuai prosedur dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia. Tim ini akan terus dilatih agar makin profesional termasuk juga akan membentuk Tim Patroli Perintis Presisi pada Polres jajaran Polda Kaltara. "Demikian juga sarana yang dipakai akan dilengkapi secara bertahap guna mendukung keberhasilan tugas anggota patroli untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," kata Joko.