DPKP Mataram Pantau Kebutuhan Daging Dan Ikan

id sidak daging

"Hasil pemeriksaan daging sapi, ayam dan ikan di Pasar Kebon Roek ini aman dan layak konsumsi, karena semua daging yang dijual adalah daging segar"
Mataram,  (Antara NTB)- Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa, melakukan pemantauan stok, kebutuhan dan harga daging sapi, ayam, ikan serta sayuran ke tiga pasar di kota ini untuk memastikan ketersediaannya.

Tiga pasar yang datangi oleh tim DPKP dari tiga bidang yakni bidang pertanian, bidang kelautan dan perikanan serta bidang peternakan adalah Pasar Kebon Roek, Pasar Cakranega dan Pasar Bertais.

Kepala DPKP Kota Mataram H Mutawalli di sela kegiatan pemantauan di Pasar Kebon Roek menyebutkan, dari hasil uji langsung di lokasi, terbukti tidak ada daging yang diawetkan menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti formalin ataupun peredaran ayam tiren alias ayam mati "kemaren".

"Hasil pemeriksaan daging sapi, ayam dan ikan di Pasar Kebon Roek ini aman dan layak konsumsi, karena semua daging yang dijual adalah daging segar," katanya.

Apalagi untuk kualitas berbagai komoditas sayur-sayuran rata-rata adalah hasil pertaninan yang masih segar.

Kegiatan pemantauan itu dilakukan dengan memeriksa kondisi daging sapi, ayam dan ikan yang dijual pada pedagang dengan alat uji kualitas daging baik daging sapi maupun daging ayam termasuk pemeriksaan berbagai jenis ikan yang dijual.

"Jika ada temuan daging atau ikan yang terindikasi tidak aman, kita akan tarik. Tetapi, Alhamdulillah tidak ada," katanya. Dikatakan, kegiatan pemantauan daging, ikan dan sayur ini merupakan program DPKP H-10 Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah untuk memastikan bahwa daging dan ikan dijual oleh para pedagang memiliki kualitas yang segar dan baik.

Selain itu, untuk memastikan harga tetap normal serta melihat kebutuhan masyarakat agar DPKP dapat mengantisipasi dengan ketersediaan stok.

Kegiatan pemantuan akan terus dilakukan hingga H-1 Idul Fitri guna menjamin stok, kualitas dan harga daging serta ikan di pasaran stabil.

Salah satu upaya yang dilakukan agar harga daging sapi tidak naik signifikan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 300 ekor sapi mulai H-2 hingga H+1 Idul Fitri dilanjutkan hingga lebaran ketupat yang dirayakan seminggu setelah Idul Fitri.

"Kami berharap harga daging sapi yang saat ini Rp110 per kilogram dan daging ayam Rp30 ribu per kilogram tetap stabil bahkan bisa turun menjelang lebaran nanti," katanya. (*)