Karantina Mamuju pantau penyakit hewan brucella

id Hama ternak Sulbar,Karantina Pertanian, Penyakit hewan, Penyakit tanaman

Karantina Mamuju pantau penyakit hewan brucella

Karantian Pertanian Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memantau Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) Brucella Melitensis pada 356 ekor sampel ternak kambing di Mamuju, Minggu (06/8/2023) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Karantian Pertanian Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memantau hama penyakit hewan karantina (HPHK) brucella melitensis pada 356 ekor sampel ternak kambing. Kepala Karantina Pertanian Mamuju, Agus Karyono, di Mamuju, Minggu mengatakan pemantauan HPHK dilakukan dengan melaksanakan pengambilan sampel darah pada kambing untuk mengetahui sebaran HPHK brucella melitensis.

"Dilakukan pengambilan sampel darah sebanyak 356 sampel yang diperoleh dari seluruh kambing yang ada diseluruh Kabupaten di Sulbar untuk dilakukan pengujian penyakit brucellosis menggunakan metode rose bengal test (RBT) dan  complement fixation test (CFT)," katanya.

Menurut dia, ternak kambing adalah inang dari brucella, hama penyakit tersebut dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati pada kambing sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi peternak," katanya.

Baca juga: Karantina Pertanian Lampung tahan 1.280 ekor burung
Baca juga: Petani NTB kembangkan tanam vanili organik


Selain itu, brucella juga bersifat zoonosis yang dapat berbahaya bagi kondisi kesehatan manusia apabila tertular, sehingga harus dipantau untuk selanjutnya diantisipasi bila ditemukan. Ia mengatakan, pemantauan HPHK pada hewan ternak di Sulbar merupakan agenda tahunan untuk mengetahui perkembangan sebaran HPHK di Sulbar. "Pemantauan tersebut juga akan menjadi acuan dalam mengambil keputusan bagi seluruh instansi pemerintah dalam mendukung program karantina hewan di Sulbar," katanya.