Stres jagungnya dimakan hama, pria di Dompu nekat minum racun hingga meninggal

id Gantung diri

Stres jagungnya dimakan hama, pria di Dompu nekat minum racun hingga meninggal

Istimewa

Dompu (ANTARA) - Seorang pria di Dompu Burhanuddin (36) memilih mengakhiri hidupnya dengan cara meminum racun serangga lantaran stres melihat tanaman jagung di ladangnya terus digerogoti hama tikus dan babi. 

Racun serangga itu diminum saat duduk dengan istrinya yaitu Maryam di pondok di ladang tersebut usai mengontrol keliling area larang jagung, Sabtu (13/2).

"Istrinya tidak menyangka, saat duduk bersama itu korban sambil meminum racun serangga," ungkap Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SIK melalui Paur Humas Aiptu Hujaifah di Dompu, Minggu.

Baca juga: Gara-gara HP disembunyikan kakaknya, gadis 13 tahun gantung diri

Setelah korban mengetahui bahwa tanaman jagungnya terancam gagal panen dikarenakan tanaman banyak yang rusak dimakan oleh tikus dan babi, korban pun mengeluh kepada istri dan tidak tahan. 

"Korban sempat mengeluh pada istrinya dan mengatakan tidak sanggup lagi bertani jagung dan lebih memilih mati," ungkapnya.

Baca juga: Warga Pengadangan Lotim dikagetkan temuan pria 60 tahun gantung diri di kandang sapi

Tidak disangka oleh Maryam rupanya saat korban berbicara itu, rupanya racun serangga jenis insektisida Dupont Lannate yang dicampur dengan racun hama ulat sudah diminumnya. Ketika Maryam membalikan badannya ia melihat sang suami sedang pingsan dan terlentang. 

Maryam yang panik berteriak dan menangis seraya meminta pertolongan warga sekitar. Tak lama kemudian warga sekitar yang mendengar teriakan Maryam kemudian membantu menggotong korban menuju jalan raya yang berjarak 500 meter.

Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Kempo menggunakan mobil pickup, namun di tengah perjalanan nyawa korban tidak dapat diselamatkan. Jasad korban kemudian di bawa ke rumah orang tuanya di Desa Ta'a Kecamatan Kempo. 

Pada kesempatan itu, Kapolsek Kempo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan menasehati agar keluarga yang ditinggalkan tetap sabar dan tabah. 

Keluarga korban menjelaskan bahwa korban diduga tertekan dengan masalah yang dialaminya, termasuk memikirkan utang yang dipakainya sebagai modal menanam jagung.

Baca juga: Frustasi ditinggal istri jadi TKI, pria di Lombok Tengah tewas gantung diri