Disdag Mataram memastikan harga kebutuhan pokok stabil jelang Maulid

id stok bahan pokok di Mataram stabil

Disdag Mataram memastikan harga kebutuhan pokok stabil jelang Maulid

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Uun Pujianto (dua kanan) saat mendampingi Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi SH (kanan) melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok di salah satu pasar tradisional di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Disdag Mataram)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memastikan harga berbagai kebutuhan pokok untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah  masih stabil.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Uun Pujianto di Mataram, Selasa, mengatakan, sejauh ini belum ada gejolak harga di pasar, justru ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga.

Kebutuhan pokok yang mengalami penurunan antara lain, bawang merah dari Rp15.000 per kilogram menjadi Rp14.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih masih bertahan pada harga Rp33.000 per kilogram.

Selain itu telur ayam broiler juga turun dari Rp2.000 per butir sekarang menjadi Rp1.850 per butir.

"Setelah sekian bulan bertahan di angka Rp2.000 per butir, dalam dua hari terakhir ini harga telur ayam sudah turun jadi Rp1.850 per butir," katanya.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras, gula, minyak, tepung dan lainnya masih relatif stabil dan stok aman.

Untuk beras, katanya, harganya sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp10.900 per kilogram jenis medium, dan Rp14.000 untuk premium, minyak goreng kemasan Rp16.000 per liter, gula pasir Rp15.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp11.000 per kilogram.

Sedangkan harga beberapa komoditas pertanian juga relatif stabil seperti cabai rawit dari Rp20.000 per kilogram, cabai keriting dan cabai merah besar masing-masing Rp18.000 per kilogram dan tomat Rp4.000 per kilogram.