Pemkot Medan dukung tambahan rute Belawan-Batam

id tambahan rute belawan-batam,pt pelni medan ,pt pelni ,pelabuhan belawan

Pemkot Medan dukung tambahan rute Belawan-Batam

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana. (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Kepala cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan Biwa Abi Laksana mengatakan, pihaknya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Medan untuk menambah rute pelayaran KM Kelud dari Belawan ke Batam dari sekali menjadi dua kali seminggu.
 

"Kami sudah menemui Kepala Dinas Perhubungan Medan (Iswar Lubis-red). Intinya, pihak Kota Medan mendukung penambahan 'call' (kedatangan kapal-red) di Pelabuhan Belawan," ujar Biwa kepada ANTARA di Medan, Minggu.

Menurut Biwa, Pemkot Medan memandang positif peningkatan frekuensi pelayaran Belawan-Batam  salah satunya karena itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayahnya.

Pelni Medan pun mengapresiasi dukungan tersebut. Menurut Biwa, hal itu penting artinya karena pemerintah daerah sangat berperan dalam penambahan rute itu. Pemda, dia melanjutkan, adalah pihak yang bisa mengajukan penambahan rute itu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Setelah disetujui, Kemenhub nantinya akan menugaskan pengoperasian kapal untuk jalur tersebut, yakni KM Kelud, kepada Pelni. 

Oleh sebab itu, setelah Pemkot Medan, Pelni Medan akan menemui pula Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atau dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

"Kami sudah bersurat untuk menemui Pak Agustinus (Kepala Dishub Sumut-red)," tutur Biwa.

Dia menambahkan, dukungan dari Pemprov Sumut diperlukan supaya tambahan pelayaran Belawan-Batam dapat segera terwujud. Apalagi, Indonesia akan segera memasuki masa Natal dan Tahun Baru yang merupakan periode "peak season" atau puncak musim liburan.

"Kami berharap penambahan rute Belawan-Batam sudah berjalan saat libur Natal dan Tahun Baru kemudian beroperasi terus secara reguler," kata Biwa.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mengupayakan penambahan rute Belawan-Batam demi memfasilitasi tingginya permintaan penumpang. PT Pelni Cabang Medan pernah menyatakan bahwa nyaris 75 persen penumpang kapal PT Pelni dari Belawan adalah mereka yang menyeberang ke Batam.

Baca juga: KM Kelud "baru" akan tiba di Belawan pada Senin
Baca juga: Pelni Medan persiapkan puncak libur Natal-Tahun Baru 2024

Sebelumnya, Vice President Pemasaran Non-Komersial PT Pelni Presda Simangasing telah menyatakan kesetujuannya terhadap rencana penambahan rute Belawan-Batam tersebut.