Polres Situbondo Jarim menyiagakan personel di gereja amankan perayaan Natal

id Polres situbondo, kabag ops Polres Situbondo, pengamanan gereja, natal 2023,Perayaan natal

Polres Situbondo Jarim menyiagakan personel di gereja amankan perayaan Natal

Kabag Ops Polres Situbondo Kompol Agus Widodo saat berkunjung ke salah satu gereja di Situbondo, Jatim. Sabtu (23/12/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto

Situbondo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, menyiagakan personelnya di gereja untuk memastikan jemaat Kristen menjalankan ibadah dengan khidmat pada hari raya Natal 2023.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Situbondo Kompol Agus Widodo di Situbondo, Sabtu, mengemukakan bahwa mulai hari ini petugas dari kepolisian sudah siaga pengamanan gereja untuk memberikan rasa aman bagi jemaat saat melaksanakan ibadah Natal.

"Petugas kepolisian telah siaga di sejumlah gereja untuk memastikan umat Krisistiani bisa menjalankan ibadah dengan khidmat," kata Kompol Agus Widodo di Situbondo, Jawa Timur.

Ia menyebutkan ada sekitar 30 gereja di Kabupaten Situbondo yang mendapatkan pengamanan ketat dengan harapan para jemaat Kristiani berjalan aman, lancar, dan khidmat. Di sekitar perkotaan, kata Kompol Agus, tercatat ada lima gereja, di Kecamatan Banyuputih ada enam gereja, Kecamatan Asembagus ada enam gereja dan di beberapa kecamatan lainnya.

Sesuai prediksi intelijen, lanjut saat ini keamanan di Situbondo masih terkendali dan kondusif, sedangkan pengetatan pengamanan dilakukan mulai dari perbatasan (Situbondo-Probolinggo) hingga ke tempat-tempat yang memang dinilai rawan.

"Tempat-tempat yang perlu diantisipasi itu, kami siaga. Sesuai dengan rencana, pasukan melakukan pengamanan mulai hari ini hingga Senin, 25 Desember 2023," kata Kabag Ops Kompol Agus Widodo.

Baca juga: Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun gelar empat misa Natal
Baca juga: Polri mengamankan 41.702 gereja dalam Operasi Lilin 2022


Kompol Agus Widodo menambahkan, pada Minggu (24/12) besok juga akan digelar apel Satgas Natal 2023 yang akan mengamankan gereja-gereja di Situbondo mulai dari ujung barat di Kecamatan Banyuglugur hingga di ujung timur di Kecamatan Banyuputih.

"Besok kami gelar apel, para petugas ini akan kembali ke tempat pengamanan sebelumnya. Karena mulai hari ini sudah ada kegiatan Natal di gereja," ujarnya.