PLN NTB berkomitmen menciptakan lingkungan kerja bebas narkoba

id komitmen,pln ntb, berantas narkoba, ciptakan lingkungan kerja sehat

PLN NTB berkomitmen menciptakan lingkungan kerja bebas narkoba

Ilustrasi Karyawan PLN (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari pengaruh narkoba maupun pelanggaran hukum.

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTB Sudjarwo dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Rabu, menyampaikan bahwa dalam upaya menciptakan hal tersebut dirinya kerap mengimbau seluruh karyawan maupun mitra kerja untuk tidak terlibat dengan penyalahgunaan narkoba serta kegiatan lainnya yang melanggar hukum.

"Menyikapi perkembangan dan dinamika di masyarakat, serta untuk menegaskan kembali komitmen terhadap pencegahan penggunaan narkoba, PLN NTB meminta karyawan dan seluruh mitra kerja untuk lebih mengedepankan upaya pencegahan, salah satunya dengan melakukan tes narkoba," kata Sudjarwo.

Menurut dia, dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, karyawan maupun mitra kerja harus bisa menegakkan nilai-nilai integritas dalam menunaikan tugas.

"Integritas merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Selain menegakkan norma, integritas juga erat kaitannya dengan menjauhi penggunaan obat terlarang. Siapa pun yang menyalahgunakan obat terlarang akan kita tindak tegas. Selain itu, mereka yang menyalahgunakan obat terlarang juga akan terjerat hukum," ujarnya.

Terhadap mitra kerja PLN yang telah melakukan tes narkoba kepada pegawainya menjelang peringatan Hari Narkoba Internasional yang rutin diperingati pada 26 Juni, Sudjarwo mengatakan bahwa PLN NTB memberikan apresiasi.

"PLN mengapresiasi mitra kerja PLN yang telah mengambil sikap tegas terhadap komitmen pencegahan narkoba. Hal ini menunjukkan komitmen bersama, bahwa tidak hanya PLN saja yang memiliki komitmen pencegahan, namun mitra kerja kami juga memiliki komitmen yang sama," ucap dia.

Seperti kegiatan tes urine yang digelar mitra kerja PLN NTB di wilayah Kempo, Kabupaten Dompu, Senin (6/5). Hasilnya menunjukkan seluruh karyawan dari mitra kerja bersih dari narkoba.

"Tentu, langkah ini kami mengimbau juga bisa dilakukan oleh mitra kerja lainnya, agar masyarakat semakin yakin atas komitmen PLN beserta mitra kerja terhadap pencegahan penggunaan narkoba, dan mungkin juga bisa diikuti oleh perusahaan yang lainnya," katanya.

Baca juga: PLN targetkan SMK di Ruteng sebagai pusat pengembangan motor listrik di NTT
Baca juga: PLTP Ulumbu Eksisting NTT serap tenaga kerja lokal hingga 97 persen


Sudjarwo mengajak seluruh masyarakat NTB untuk terus melakukan pencegahan narkoba, mengingat dampak dari penyalahgunaan narkoba ini banyak yang berujung pada tindak kriminal.

"Pencegahan terhadap bahaya narkoba merupakan tugas bersama. Setiap individu memiliki peran penting dalam melawan peredaran narkoba. Mari bersama-sama kita jaga generasi masa depan dengan menjauhi narkoba, karena satu langkah kecil bisa menjadi perubahan besar untuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," ucap Sudjarwo.