Kodim 1620 Lombok Tengah latih personel dukung program ketahanan pangan

id Program pompanisasi ,Lombok Tengah ,NTB ,Kodim 1620 Lombok Tengah

Kodim 1620 Lombok Tengah latih personel dukung program ketahanan pangan

Para personel TNI Kodim Lombok Tengah, Provinsi NTB saat mengikuti kegiatan pelatihan di Praya, Jumat (10/05/2024). ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620 Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat memberikan pelatihan kepada personel untuk meningkatkan kemampuan dalam mendukung program pompanisasi pertanian guna menjaga ketahanan pangan nasional.

"Pelatihan perorangan sesuai jabatan -Latorjab- ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan," kata Perwira Seksi Operasi Kodim 1620 Lombok Tengah Lettu Inf Habdi di Praya, Jumat.

Dia menjelaskan, kegiatan latihan perorangan jabatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit di wilayah dalam menyebarkan dan menyosialisasikan informasi mengenai pentingnya sistem pertanian melalui pompanisasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Ini salah satu upaya TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sistem pompanisasi pertanian," katanya.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana minta TNI Lombok Tengah jaga ketahanan pangan

Dalam kegiatan latihan tersebut, para peserta juga dilatih bagaimana sistem dan cara mendistribusikan bibit tanaman kepada petani untuk meningkatkan produksi pertanian lokal.

Sehingga upaya jajaran TNI ini dapat mendukung program pemerintah melalui aparat kewilayahan (Babinsa) dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah bersama sama dengan masyarakat.

"Dengan memberikan bantuan bibit tanaman dan sosialisasi program pompanisasi kepada petani, diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian dan mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan pangan," katanya.

Selain itu diharapkan nantinya masyarakat dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

Baca juga: Panen jagung di Lombok Tengah dukung ketahanan pangan

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil panen dan kualitas produk pertanian yang dihasilkan, serta sebagai upaya agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar.

"Semoga melalui program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan sektor pertanian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah," katanya.

Baca juga: Bupati Lombok Tengah sebutkan petani milenial perkuat ketahanan pangan
Baca juga: Program pompanisasi di Lombok Tengah dukung ketahanan pangan