Kejari telusuri kerugian kasus korupsi dana KUR BSI Bima

id korupsi dana kur, kur bsi, bsi kcp bima soetta 2, penyidikan jaksa, kejari bima, penelusuran kerugian, auditor, inspekto

Kejari telusuri kerugian kasus korupsi dana KUR BSI Bima

foto arsip-Kasi Pidsus Kejari Bima Catur Hidayat (kiri) bersama penyidik memeriksa nasabah penerima dana KUR BSI di Kantor Desa Tangga, Kabupaten Bima, Jumat (26/4/2024). (ANTARA/HO-Kejari Bima)

Mataram (ANTARA) - Penyidik Kejaksaan Negeri Bima, Nusa Tenggara Barat menelusuri kerugian keuangan negara dalam kasus dugaan korupsi penyaluran dana kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bima Soetta 2.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Bima Catur Hidayat melalui sambungan telepon dari Mataram, Rabu, menyampaikan pihaknya menelusuri kerugian keuangan negara dalam kasus ini dengan berkoordinasi kepada inspektorat.

"Koordinasinya dengan Inspektorat Kabupaten Bima," kata Catur.

Dia tidak menyimpulkan bahwa koordinasi dengan inspektorat ini bagian dari permintaan audit penghitungan kerugian keuangan negara.

"Masih sebatas koordinasi, nantinya ke arah sana (permintaan audit)," ujarnya.

Baca juga: Kejari Bima periksa nasabah BSI penerima dana KUR secara maraton

Dalam proses penyaluran dana KUR tahun 2021 dan 2022 tersebut, muncul dugaan tidak tepat sasaran dan penerima fiktif. Hal demikian mengakibatkan munculnya catatan tunggakan pembayaran kredit dengan potensi kerugian mencapai Rp8 miliar.

Untuk mengungkap kepastian hukum dari adanya dugaan demikian, kejaksaan secara maraton memeriksa para saksi yang sebagian besar berasal dari kalangan penerima dengan jumlah sedikitnya 100 orang.

Selain dari pihak penerima, pemeriksaan juga dilakukan kepada pihak perbankan, baik karyawan maupun auditor internal.

Dari pihak BSI, kejaksaan juga telah menerima uang yang diduga hasil korupsi dari penyaluran dana KUR dengan nilai Rp104 juta.

Baca juga: Kejari Bima sita uang korupsi dana KUR BSI senilai Rp104 juta

Lebih lanjut, Catur menegaskan bahwa penyidikan ini masih berjalan dalam upaya penguatan alat bukti tindak pidana.

Dengan menyampaikan perkembangan kasus tersebut, Catur memastikan pihaknya dalam penanganan kasus ini belum mengungkap peran tersangka.

"Nanti, kalau sudah ada hasil audit, bukti lengkap, akan kami sampaikan hasilnya," ujar dia.

Kejari Bima menangani kasus ini berdasarkan laporan masyarakat. Terungkap dalam laporan, BSI menyalurkan dana KUR pada periode 2021 dan 2022 sebesar Rp13 miliar.

Penerima dana KUR BSI ini berasal dari kalangan masyarakat yang menjalankan usaha di bidang pertanian dan peternakan.

Baca juga: Kejari Bima tangani kasus dugaan korupsi penyaluran dana KUR BSI