Atlet downhill Lumajang tambah koleksi emas untuk Jatim

id PON XXI Aceh,atlet sepeda lumajang,raih medali emas

Atlet downhill Lumajang tambah koleksi emas untuk Jatim

Atlet asal Lumajang Milatul Khaqimah (tengah) berhasil menyumbang emas untuk Jatim di PON XXI, Aceh, Senin (9/9/2024). (ANTARA/HO-KONI Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Atlet downhill asal Kabupaten Lumajang Milatul Khaqimah menambah koleksi emas untuk Jawa Timur di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Aceh-Sumatera Utara.

"Prestasi membanggakan kembali diraih oleh atlet downhill dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Lumajang yang menyumbangkan medali emas dalam PON XXI," kata Ketua KONI Lumajang Budi Satria Andhika dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Senin.

Ia menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh Milatul Khaqimah dengan catatan waktu 00:03:13,434, atlet asal Lumajang itu berhasil mengungguli dua pesaing terdekatnya, Riska Amelia Agustina dan Keysah Ginais Nafsi, yang harus puas berada di posisi kedua dan ketiga.

"Prestasi itu sekaligus menambah pundi-pundi emas untuk kontingen Jawa Timur, yang juga didominasi oleh kontribusi atlet Lumajang," tuturnya.

Menurutnya, medali emas dari Milatul merupakan yang ketiga dari total empat medali emas yang diraih tim sepeda gunung Jawa Timur di ajang PON XXI karena sebelumnya Elvia Tri Wulandari asal Lumajang juga berhasil menyumbangkan emas dalam nomor XC Team Relay, bersama Bima dan Andrian dari Blitar.

Selain itu, Feri Yudoyono juga meraih emas dalam nomor Balap Sepeda MTB Cross Country Olympic (XCO), sehingga tiga dari empat emas Jawa Timur disumbang oleh atlet asal Lumajang.

"Dengan demikian bahwa pencapaian itu menunjukkan bahwa Lumajang terus menjadi lumbung prestasi olahraga, khususnya di bidang sepeda gunung," katanya.

Budi menjelaskan keberhasilan tersebut tidak hanya memperkuat posisi Jawa Timur di papan perolehan medali PON XXI, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda di Lumajang untuk terus mengembangkan potensi dan mengejar prestasi di bidang olahraga.

Sebelumnya Milatul Khaqimah berhasil menjuarai Downhill Women Elite tingkat Asia, sehingga mendapatkan medali emas dalam ajang Asian Mountain Bike Championship 2024 di Putrajaya, Malaysia.

Baca juga: Odie Purnama dilarang ikut balap sepeda tiga tahun
Baca juga: UCI dukung program pembinaan prestasi atlet balap sepeda


Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian para atlet asal Lumajang yang meraih medali emas dalam ajang PON XII yang digelar di Aceh.

"Mereka telah berhasil mengharumkan nama Lumajang dan Provinsi Jawa Timur di ajang nasional, sehingga hal itu adalah bukti kerja keras mereka dan komitmen dalam berlatih," katanya.