Sebanyak 38.203 KPM di Mataram terima bantuan beras CPP Oktober

id Ketahan Pangan,Kota Mataram,bantuan CPP

Sebanyak 38.203 KPM di Mataram terima bantuan beras CPP Oktober

Stok bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) di salah satu kelurahan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan sebanyak 38.203 keluarga penerima manfaat (KPM) sudah menerima bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk jatah Oktober 2024.

"CPP mulai didistribusikan minggu lalu dan pada Senin (21/10), cakupan mencapai 99 persen. Tapi hari ini sudah 100 persen," kata Kepala Bidang Distribusi Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mataram Faesal Abdussamad di Mataram, Jumat.  

Dikatakan, sebanyak 38.203 KPM bantuan beras CPP mengambil haknya melalui kelurahan masing-masing dengan kuota masing-masing sebanyak 10 kilogram sehingga total beras CPP yang dikirim untuk KPM Kota Mataram sebanyak 382,3 ton.

Baca juga: Pemkot Mataram pastikan KPM dapat bantuan beras CPP jatah Oktober 2024

Setelah penerimaan beras CPP bulan Oktober ini, lanjutnya, KPM dijadwalkan kembali menerima bantuan pada Desember 2024 yang sekaligus merupakan jatah terakhir yang diberikan pemerintah untuk tahun 2024. 

"Sedangkan untuk tahun 2025, kami menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat," katanya.   

Lebih jauh Faesal mengatakan, dalam pendistribusian beras CPP di Kota Mataram selama ini hampir tidak pernah ada keluhan dari KPM karena kualitas beras yang diterima bagus, layak konsumsi serta volume tepat.

Baca juga: Serapan beras CPP di Mataram capai 80 persen

Bahkan, sebelum dilakukan pendistribusian ke kelurahan, DKP bersama Bulog turun melakukan pengecekan langsung kondisi beras CPP ke gudang Bulog.

Pengecekan itu dimaksudkan untuk memastikan kualitas beras yang akan diterima KPM adalah beras bagus dan layak konsumsi serta volume pas sesuai ketentuan yakni 10 kilogram per bungkus.

"Melalui upaya itu, Alhamdulillah sejauh ini kami belum di komplain KPM terkait kualitas beras," katanya.

Faesal berharap beras CPP yang diterima KPM dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Baca juga: Pemkot Mataram ganti sebanyak 2.073 KPM bantuan beras CPP
Baca juga: DKP Mataram tunggu kepastian program bantuan beras CPP triwulan III