MENKES LETAKKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN RSUD KSB

id

          Mataram, 15/1 (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari dijadwalkan meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berlantai tiga senilai Rp110 miliar di Taliwang, Kabuapten Sumbawa Barat (KSB), 25 Februari 2009.

         Bupati KSB, KH Zulkifli Muhadly, seusia melapor ke Gubernur NTB, HM Zainul Majdi, di Mataram, Kamis, mengatakan, tender pembangunan RSUD tersebut dimenangkan PT Ampuh Sejahtera, peletakan batu pertama akan dilakukan Menkes Siti Fadilah Supari.

         "Saya sudah melaporkan rencana kunjungan Menkes untuk meletakkan batu pertama pembangunan RSUD Taliwang kepada gubernur," katanya.

         Menurut dia, rumah sakit tersebut akan dibangun di Dusun Perjuk pada lahan seluas 10 haktare dan akan dilengkapi dengan helipad (tempat pendaratan helikopter) di atas lantai tiga dan akhir tahun 2009 rumah sakit tersebut diharapkan bisa dioperasikan.

         Zulkifli mengatakan, RSUD Taliwang memiliki sekitar 300 tempat tidur dan sebagian besar untuk ruang rawat inap kelas III yang disiapkan bagi masyarakat miskin tanah dipungut biaya.

         Pada lantai dua akan digunakan untuk ruang laboratorium, sehingga jika terjadi banjir tidak sampai merusak peralatan yang ada.

         "Tenaga paramedis yang akan mengisi rumah sakir tersebut tidak bisa mengandalkan yang ada di KSB, karena itu saya akan mengundang dokter spesialis dari luar dan mereka akan diberikan fasilitas rumah tempat tinggal kendaraan roda empat dan insentf Rp5 juta per bulan," katanya.

         Pemkab KSB berambisi untuk menjadikan RSUD tersebut pusat rujukan di NTB, karena itu di lantai atas dilengkapi dengan helipad untuk memudahkan membawa pasien yang memerlukan pertolongan segera.

         Hingga kini di KSB yang telah melaksanakan program bebas biaya kesehatan baru memiliki Puskesmas dengan peralatan yang kurang memadai, sehingga kebanyakan pasien dirujuk ke rumah sakit di Mataram atau ke RSUD Sumbawa Besar di Kabupaten Sumbawa.(*)