OBAMA DIABADIKAN DI TAMAN MENTENG

id

Jakarta,10/12 (ANTARA) - Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Kamis, meresmikan Patung Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di Taman Menteng, dengan dihadiri sejumlah donatur antara lain poliitisi dan pemilik sebuah grup media Surya Paloh.

Sylviana Murni mengatakan, patung ini untuk memotivasi dan mengilhami kaum muda untuk berkiprah seperti tokoh AS yang pernah tinggal di Menteng, Jakarta Pusat, itu.

Patung bernama "Barry Dream Statue" ini dibuat berdasarkan foto Obama semasa kecil, dan dipahat oleh Edy Chaniago (Pengagas Ancol) dengan bahan patung dari perunggu.

Patung bertinggi 110 cm dan berat 30 kg itu menggambarkan Obama saat berusia 6 tahun dengan mengenakan kaos bercelana pendek bersepatu kets.

Tangan kiri Obama diangkat ke atas dengan seekor kupu-kupu hinggap di jempolnya.

Pembuatan patung Obama ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 100 juta dan memakan waktu tiga bulan, dengan proses izin satu tahun.

Warga sekitar Taman Menteng sedang berfoto-foto di patung Obama.

Pembangunan patung ini sendiri digagas oleh lembaga `Friends of Obama`.

Ron Muller, teman Obama mengatakan, tidak ada niat politis di balik pendirian patung Obama ini , karena semata ingin menginspirasi anak muda Jakarta dan Indonesia tentang mimpi.

"Kemarin juga Pak JK (Jusuf Kalla) datang waktu proses pembuatan patung. Dia bilang patung ini bisa menjadi inspirator bagi guru," ujarnya.

Di bagian bahan patung ada tulisan "Si kecil bermain bersama ibunya di daerah Menteng ini. Dia tumbuh dewasa dan menjadi Presiden Amerika Serikat ke 44 dan penerima Nobel Perdamaian."

Pada peresmian itu, Duta Besar Amerika Serikat dan sejumlah donatur  pembuatan patung hadir, diantaranya Mien R Uno, Hasyim Joyo Hadikusumo dan Surya Paloh. Hadir pula ratusan siswa dan guru SDN Menteng 01, Besuki, dan teman-teman semacam kecil Obama. (*)