Dispar Lombok Barat berkolaborasi dengan hotel menggelar atraksi tari

id Dinas Pariwisata Lombok Barat,Atraksi Tari,Kawasan Wisata Senggigi

Dispar Lombok Barat berkolaborasi dengan hotel menggelar atraksi tari

Para penari memainkan tari api dalam atraksi tari yang digelar di Hotel Jayakarta di kawasan wisata Senggigi Lombok Barat, NTB. (ANTARA/Awaludin)

Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat berkolaborasi dengan The Jayakarta Lombok Beach Resort menggelar atraksi tari untuk menggairahkan kawasan wisata Senggigi.

"Gelaran atraksi tari tersebut menjadi upaya pemerintah daerah untuk terus menunjukkan eksistensi pariwisata di kawasan wisata Senggigi," kata Kepala Dispar Kabupaten Lombok Barat Saepul Akhkam, di Lombok Barat, Minggu.

Ia menyebutkan ada lima jenis tarian yang ditampilkan dalam atraksi tari yang digelar di The Jayakarta Lombok Beach Resort, yakni tari egrang tambok, batek baris, broadway dance, street dance dan fire dance (Tari Api).

Egrang Tambok merupakan tarian yang diangkat dari permainan tradisional anak-anak di Lombok. Tarian ini menggunakan batok kelapa sebagai properti pementasan.

Batek baris merupakan tarian baris-berbaris yang meniru gerakan tentara kolonial tempo dulu. Dalam banyak gerakannya melafazkan instruksi bahasa Belanda yang diucapkan ke dalam bahasa Sasak.

Sementara broadway dan street dance merupakan dua tarian luar. Broadway dance cenderung musikal dan diiringi gerak para penari. Sedangkan street dance cenderung dipertunjukkan dengan memanfaatkan semua ruang terbuka.

Pamungkas dari atraksi ini yakni tari api atau fire dance. Tarian ini tampil memukau dengan mengandalkan properti api yang dimainkan para penarinya.

Kendati dilaksanakan streaming, secara offline atraksi ini disaksikan sejumlah tamu yang menginap di Hotel Jayakarta.

"Namun demikian, standar protokol kesehatan tetap diperketat," ujar Akhkam.

Ia mengatakan dalam 16 event yang termuat dalam agenda Calendar of Event (CoE) Lombok Barat 2021, pemerintah melalui Dinas Pariwisata selaku penyelenggara memperketat penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Untuk mencegah kerumunan, kegiatan offline dibatasi dan beralih ke kegiatan yang berbasis online atau live streaming melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Lombok Barat.

"Event malam ini adalah rangkaian dari Harmoni Lombok Barat, event untuk menyambut HUT ke-63 Lombok Barat yang ke-63. Tentu maksud kita adalah juga memberikan kesempatan kepada para pelaku seni untuk tetap kreatif berkesenian, juga kepada khalayak luas untuk selalu menggaungkan Senggigi masih layak untuk dikunjungi," ucapnya pula.

General Manager The Jayakarta, Cherry Abdul Hakim mengapresiasi Dinas Pariwisata Lombok Barat yang telah mengajak pihak industri untuk berkolaborasi mengadakan event dalam rangkaian Harmoni Lombok Barat.

"Harapan kita tentunya dengan kegiatan ini kita melihat bahwa pariwisata di Lombok Barat itu tidak diam, tetap bergerak. Jadi itu menandakan kita optimis bahwa pariwisata ini akan kembali pulih dan minimal ini juga menjadi bahan promosi," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat berkolaborasi dengan Holiday Resort Lombok dalam rangkaian Harmoni Lombok Barat dengan menyajikan aneka musik. Ada musik tradisional genggong, musik mini orkestra, musik akustik, dan musik kontemporer.