Ini tarif dan jadwal keberangkatan kapal cepat KSB Express Poto Tano-Kayangan

id kapal cepat KSB Express ,Kapal jurusan Poto Tano-Kayangan,Tarif kapal cepat KSB Express,Rp60 ribu,Rp30 ribu,Kapal Poto Tano-Kayangan 40 menit

Ini tarif dan jadwal keberangkatan kapal cepat KSB Express Poto Tano-Kayangan

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin, saat melaunching kapal KSB Express

sekarang hanya 40 menit saja
Taliwang, KSB (ANTARA) - Setelah kurang lebih satu tahun meresmikan dermaga F3, pada Kamis (9/9) kemarin akhirnya Bupati Sumbawa Barat melaunching kapal cepat KSB Express di Kecamatan Poto Tano.

Kapal Cepat tersebut rute Poto Tano-Labuhan Lombok dan sebaliknya. Jarak tempuh sangat cepat yaitu sekitar 40 menit saja dengan harga terjangkau. 

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin, saat melaunching kapal KSB Express mengatakan hal ini adalah langkah yang sangat tepat, kehadiran kapal cepat ini akan membantu masyarakat yang ingin menyeberang ke Lombok dengan cepat.

"Alhamdulillah akhirnya kita bisa melaunching kapal cepat ini, ini akan membantu masyarakat yang ingin nyebrang ddengan cepat, atau ada hal penting dan mendadak bisa menggunakan kapal ini," kata HW Musyafirin.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Perusda, Kepala Dinas Perhubungan Sumbawa Barat, Organda, dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara tersebut. 

"Hanya 40 menit saja kita bisa sampai ke Lombok, ini sangat cepat," katanya. 

Ia juga mengatakan, bahwa dengan adanya kapal cepat ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Lombok ke Sumbawa Barat, yang dulunya penyeberangan memakan waktu 2 jam lebih, sekarang hanya 40 menit saja. 

"Di Poto Tano sudah ada dermaga penyebrangan, ada kapal cepat, dan bandara juga akan dibangun. Dengan adanya bandara nanti juga akan memperpendek waktu tempuh dari Lombok ke Sumbawa Barat, bahkan dari Bandara Lombok ke Sumbawa Barat nanti cuma 15 menit," katanya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Sumbawa Barat, H Abdul Hamid, melaporkan bahwa peluncuran kapal cepat ini terbilang sedikit telat, jika dilihat dari peresmian dermaga F3 sekitar satu tahun lalu. 

Namun, jika sedikit melihat persiapan yang begitu matang, dari hal yang bersifat teknis, administratif, skema bisnis operator dan pengkajian keselamatan, maka waktu tunggu ini dapat dikatakan lumrah. 

"Hampir satu tahun kita menunggu, kita harus menyusun study kelayakan, rencana induk dan penetapan nama pelabuhan, mengeluarkan izin pelabuhan penumpang lokal menjadi pelabuhan regional," kata dia. 

Ia juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya launching KSB Express ini. 

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbawa Barat, Attang, mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan dua paket khusus, yaitu paket kapal cepat saja dan paket kapal cepat incloud dengan transportasi darat. 

"Jika konsumen mau beli tiket kapal saja boleh, atau lengkap dengan transportasi darat misalnya dari Taliwang ke Poto Tano dan dari Kayangan ke Mataram begitu juga sebaliknya," katanya. 

Tarif kapal cepat KSB Express yaitu Rp60 ribu, sementara tarif dari angkutan darat dari Taliwang ke Poto Tano sekitar Rp30 ribu, sedangkan dari Labuhan Lombok ke Mataram Rp50 ribu. 

"Kami siap melayani dan memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat," katanya.

Untuk jadwal keberangkatan, kapal cepat ini hanya melakukan empat kali trip dalam sehari yaitu dua kali dari Poto Tano dan dua kali dari kayangan. 

Jadwal keberangkatan KSB Express dari Poto Tano ke Labuhan Lombok yaitu pada Pukul 08.30 wita dan 15.30 WITA, sedangkan dua trip lainnya dari Labuhan Lombok ke Poto Tano adalah 09.30 WITA dan 17.00 WITA.