PDAM Lombok Tengah siapkan mobil tangki khusus dukung MotoGP Mandalika

id MotoGP

PDAM Lombok Tengah siapkan mobil tangki khusus dukung MotoGP Mandalika

Plt Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan menyiapkan mobil tangki khusus untuk memenuhi kebutuhan air pada ajang MotoGP Sirkuit Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang.

"Sebanyak lima mobil tangki yang akan kita siagakan untuk mendukung kebutuhan air di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika," kata Plt Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo di Praya, Selasa. 

Selain menyiapkan mobil tangki khusus, untuk memenuhi kebutuhan air di KEK Mandalika tersebut telah disiapkan dari jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bendungan Batujai dan jaringan sumber mata air Tibu Lempanas. 

"Untuk kebutuhan air kita telah siapkan beberapa skenario, baik menggunakan mobil tangki atau melalui jaringan air yang telah ada," katanya. 

Ia mengatakan, untuk sumber mata air pada awal tahun ini tidak ada persoalan, karena saat ini musim hujan dan ketersediaan air dipastikan aman. 

"Sumber mata air tidak ada masalah. Intinya solusi untuk kebutuhan air pada ajang MotoGP ini telah ada solusi yang disiapkan," katanya. 

Ia mengatakan, untuk solusi jangka panjang untuk kebutuhan air di kawasan tersebut, pemerintah pusat telah membangun jaringan SPAM bendungan Pengga, Kecamatan Praya Barat Daya menuju kawasan Mandalika. 

"Ini untuk solusi jangka panjang yang saat ini sedang dikerjakan dengan kapasitas 200 liter perdetik. Namun, saat ini baru tahap pertama yakni 50 liter perdetik," katanya. 

"SPAM Pengga itu bisa dimanfaatkan secara maksimal pada tahun 2023 sesuai dengan rencana," katanya.