PLN menyalurkan puluhan ekor hewan kurban ke NTB dan NTT

id PT PLN,UIP Nusra,Hewan Kurban

PLN menyalurkan puluhan ekor hewan kurban ke NTB dan NTT

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), Wahidin (kiri), menyerahkan secara simbolis sumbangan hewan kurban kepada Pengurus Panti Asuhan Darul Ikhlas Kota Mataram, Ustadz Johan Efendi, dalam acara yang bertajuk "Tebar Berkah Daging 1443 H" di kantor PLN UIP Nusra, di Mataram, Minggu (10/7/2022). ANTARA/HO-PLN

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) menyalurkan hewan kurban sebanyak 27 ekor untuk warga yang berhak menerima di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Puluhan ekor hewan kurban yang terdiri atas 25 ekor sapi dan dua ekor kambing tersebut diserahkan secara simbolis oleh General Manager PLN UIP Nusra Wahidin kepada Pengurus Panti Asuhan Darul Ikhlas Kota Mataram, Ustadz Johan Efendi, dalam acara yang bertajuk "Tebar Berkah Daging 1443 H" di kantor PLN UIP Nusra, di Mataram, Minggu .

"Sebanyak 25 ekor sapi dan dua ekor kambing tersebut merupakan hasil patungan dari pegawai PLN UIP Nusra yang berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN," kata Wahidin.

Menurut dia, sebagai insan PLN harus memiliki kesadaran akan kepekaan sosial, kepedulian kepada sesama. Dan penyaluran hewan kurban tersebut merupakan cerminan bagaimana semangat berkurban, dapat merefleksikan keikhlasan dan dapat mewujudkan pengorbanan yang sempurna bagi setiap insan yang berkurban.

Dari keseluruhan hewan kurban tersebut, lanjut Wahidin, merupakan hasil dari peternakan warga sekitar proyek infrastruktur ketenagalistrikan yang dikerjakan oleh PLN.

"Dengan upaya tersebut, diharapkan dapat menimbulkan dampak ekonomi secara langsung, dan mampu membangun rantai kemanfaatan sampai masyarakat penerima," ujarnya.

Ia mengatakan hewan kurban yang disalurkan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat serta dinyatakan sehat, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

Wahidin menjelaskan menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad (sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan). Bahkan, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban ketika kita mampu," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pengurus Panti Asuhan Darul Ikhlas Kota Mataram, Ustadz Johan Efendi, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada PLN yang pada Idul Adha 1443 Hijriah mengambil peran untuk berbagi kebahagiaan bersama Panti Asuhan Darul Ikhlas.

"Kurban ini tentu akan sangat berarti bagi anak-anak di panti asuhan, total ada sekitar 150 orang yatim piatu dan warga lanjut usia, baik di asrama panti maupun luar asrama panti," ucap Johan.