Tiga wakil Indonesia masuk pengurus Federasi Angkat Besi Asia

id Angkat Besi,PB PABSI

Tiga wakil Indonesia masuk pengurus Federasi Angkat Besi Asia

Arsip foto - Lifter putra Jawa Timur Eko Yuli Irawan mengangkat beban pada kelas 67 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (6/10/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj/aa. (ANTARA FOTO/FAUZAN/FAUZAN)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) menempatkan tiga wakil dalam jajaran kepengurusan baru Federasi Angkat Besi Asia (AWF) periode 2023-2027. Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, tiga wakil Indonesia yang terpilih itu adalah Sonny Kasiran yang menjabat sebagai Anggota Komisi Teknik AWF, Hadi Wihardja sebagai Komisi Riset dan Kepelatihan, dan dr. Louise Kartika Indah Manurung selaku Anggota Komisi Medis. Mereka resmi ditetapkan sebagai pengurus pada pemilihan kepengurusan AWF yang dilaksanakan di Doha, Qatar, 5 Januari lalu.

Masa kepengurusan Federasi Angkat Besi Asia periode sebelumnya seharusnya berakhir pada 2019. Namun pemilihan harus tertunda dua tahun karena kasus doping yang terjadi di IWF sehingga Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta federasi untuk memperbaiki dan membenahi peraturan terlebih dahulu sebelum melaksanakan pemilihan pengurus baru.

Pemilihan kepengurusan AWF masa bakti 2023-2027 itu dihadiri 43 negara anggota AWF ditambah Korea Utara yang hadir secara daring, serta pengurus teras IWF. Sebelum pelaksanaan pemilihan kepengurusan AWF tersebut, digelar dua kejuaraan yaitu Qatar Cup dan Kejuaraan Asia Barat yang berlangsung pada 31 Desember hingga 3 Januari.

Baca juga: Lifter Rahmat Erwin ingin pecahkan rekor dunia lagi tahun depan
Baca juga: Lifter Eko Yuli tak cari medali Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022


Namun Indonesia tidak mengirim perwakilan dalam dua kejuaraan tersebut karena tidak masuk dalam seri kualifikasi Olimpiade 2024. Atlet dan pelatih juga sedang menghabiskan libur akhir tahun. Tim angkat besi Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024 pada Kejuaraan Asia 2023 di Jinju, Korea Selatan pada 3-13 Mei.