248 calon PPS Pemilu di Denpasar ikuti seleksi CAT

id tes tertulis PPS Denpasar,panitia pemungutan suara,CAT PPS denpasar

248 calon PPS Pemilu di Denpasar ikuti seleksi CAT

Suasana calon PPS di Kota Denpasar saat mengikuti tes CAT yang juga dipantau jajaran KPU Provinsi Bali di Kampus ITB STIKOM Bali di Denpasar, Selasa (10/1/2023). ANTARA/HO-KPU Denpasar.

Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 248 calon panitia pemungutan suara (PPS) yang akan bertugas dalam Pemilu 2024 mengikuti seleksi tes tertulis berbasis komputer dengan sistem CAT (computer assisted test) di kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. "Kami berharap dengan seluruh tahapan seleksi calon PPS ini dapat memperoleh SDM yang terbaik," kata Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya di Denpasar, Selasa.

Dengan demikian, diharapkan nantinya PPS yang terpilih dapat melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan serta bersinergi dalam mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. "Kami mengawal kegiatan pelaksanaan seleksi tertulis CAT calon PPS ini dari mulai perencanaan maupun pelaksanaannya sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar," ujar Arsa Jaya.

Pelaksanaan tes CAT itu dilaksanakan dalam empat sesi yang pesertanya berbasis kecamatan yakni sesi 1 untuk Kecamatan Denpasar Barat dan sesi 2 Kecamatan Denpasar Utara. Sesi 3 untuk Kecamatan Denpasar Timur dan sesi 4 Kecamatan Denpasar Selatan.

Kegiatan tes tersebut dipantau langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan dan Anggota/Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan SDM KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan.

Baca juga: Pengamat sebut sistem proporsional terbuka berikan hak penuh rakyat
Baca juga: KPU Lombok Tengah butuh PPS 462 di Pemilu 2024


Jajaran Bawaslu Kota Denpasar dalam kesempatan tersebut juga turut memantau pelaksanaan proses seleksi tersebut. Sementara itu anggota KPU Kota Denpasar Ni Ketut Dharmayanti Laksmi menambahkan, dari hasil seleksi CAT itu nantinya akan disaring untuk masing-masing desa akan meluluskan sebanyak enam orang. "Masing-masing desa akan meluluskan enam orang. Yang akan bertugas sebagai PPS ada tiga orang dan tiga orang lainnya sebagai pengganti antarwaktu," katanya.

Dari 248 calon PPS tersebut, tercatat ada sebanyak 73 orang berjenis kelamin perempuan. Mereka yang nanti lulus seleksi CAT, kemudian akan mengikuti seleksi wawancara dari tanggal 18-20 Januari 2023.