Wali kota: mataram kota ramah untuk berinvestasi

id mataram,investasi

Wali kota: mataram kota ramah untuk berinvestasi

sambutan Walikota Mataram (foto)

Karenanya dibutuhkan iklim investasi yang sehat guna menunjang terwujudnya berbagai program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah
Mataram,(Antara)- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan Mataram merupakan kota yang aman dan ramah untuk berinvestasi bagi dunia usaha, karena termasuk kota yang sedang berkembang.

"Karenanya dibutuhkan iklim investasi yang sehat guna menunjang terwujudnya berbagai program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah," katanya saat meresmikan showroom TVS Motor Main Daealer NTB di Dasan Cermen, Kota Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, dalam memberikan pelayanan perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi di Kota Mataram tidak pernah berbelit-belit, sehingga Mataram dinyatakan menjadi salah satu dari 10 daerah di Indonesia yang paling cepat dalam pengurusan peizinan.

Namun tentunya dengan satu cacatan, yakni izin yang diajukan sesuai dengan ketentun yang telah digariskan pemerintah," katanya.

Menurut dia, tingginya minat investor untuk berinvestasi di Kota Mataram membuka peluang kerja bagi warga Kota Mataram, sehingga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini, bahkan dapat disebutkan pertumbuhan ekomoni Kota Mataram tercepat dibanding daerah lainnya di NTB.

"Secara makro, tanpa menghitung angkutan udara, laju pertumbuhan ekonomi Kota Mataram tahun 2012 mencapai 10,52 persen, sementara tahun sebelumnya sebesar 9,29 persen," katanya.

Ahyar mengatakan, pertumbuhan ekonomi kota tercermin dari peningkatan produk domestik regional bruto (PDRB), baik atas dasar harga konstan maupun harga berlaku.

"Peningkatan pertumbuhan ekonomi Kota Mataram sangat signifikan, karenanya semua aparat harus terus menggali potensi-potensi yang potensial untuk menunjang peningkatan ekonomi, apalagi jika ada investor yang ingin berinvestasi," katanya.

Menurut dia jika dari indikator ketenagakerjaan di Kota Mataram tahun 2011-2012 menggambarkan kualitas penduduk secara ekonomi semakin baik, terlihat dari data pengangguran di Kota Mataram mengalami penurunan dari 6,70 persen pada 2011 menjadi 6,53 persen pada 2012.