Wagub NTB Kritik Kebersihan "Toilet" Kantor Gubernur

id Kumuh Kantor

"Kebersihan sebuah kamar mandi adalah cermin dari kedisplinan. Tetapi jika toiletnya saja tidak bersih, apa yang harus bisa ditonjolkan kalau sudah seperti itu,"
Mataram, (Antara NTB) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Muhammad Amin mengkritik kebersihan sejumlah toilet yang ada di kantor gubernur.

"Kebersihan sebuah kamar mandi adalah cermin dari kedisplinan. Tetapi jika toiletnya saja tidak bersih, apa yang harus bisa ditonjolkan kalau sudah seperti itu," kata Amin di Mataram, Rabu.

Menurut dia, seharusnya sekelas Kantor Gubernur NTB sebagai pusat pemerintahan di provinsi itu, kebersihan adalah hal yang utama dalam menunjang kedisiplinan dalam bekerja.

Karena itu, dirinya heran jika kebersihan di sekeliling areal kantor gubernur, termasuk toilet, tidak bisa terjaga dengan baik, padahal sudah ada petugas yang ditugasi membersihkan fasilitas tersebut.

"Seharusnya kebersihan baik itu kamar mandi maupun toilet harus bisa dijaga sebaik mungkin," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap ke depan kebersihan kantor gubernur bisa terjaga dengan baik, sehingga semangat bekerja para pegawai juga maksimal.

"Terus terang, kalau sudah seperti ini kita malu rasanya kalau toilet saja dilihat tidak bersih oleh tamu-tamu yang datang ke kantor gubernur. Kalau sudah seperti itu apa pertanggungjawaban kita kepada masyarakat," ujarnya.

Pantauan Antara, Rabu (14/1), di sejumlah kamar mandi atau toilet di kantor gubernur NTB terlihat kumuh. Bahkan, sudah ada yang rusak.

Bahkan, kerusakan itu terjadi di toilet yang dikhususkan untuk para tamu di sebelah ruang tunggu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Padahal lokasi kamar mandi ini berjarak tiga sampai empat meter dari kedua ruangan orang nomor satu dan nomor dua di provinsi itu.

Sementara itu, salah seorang tamu Andre yang dimintai tanggapannya terkait hal itu, mengaku heran melihat sekelas Kantor Gubernur NTB sejumlah toilet terlihat begitu kumuh dan terkesan tidak terawat.

"Kita heran saja kalau melihat seperti ini, sejumlah toilet sudah dalam keadaan rusak dan sangat tidak layak, apalagi berada di Kantor Gubernur NTB," katanya. (*)