Layanan vaksinasi COVID-19 gratis dibuka di KKP Mataram

id vaksinasi covid Mataram

Layanan vaksinasi COVID-19 gratis dibuka di KKP Mataram

 Dokumen: layanan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia sekolah di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Vaksinasi COVID-19 di KKP Mataram tetap diberikan secara gratis
Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengatakan masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi COVID-19 saat ini dapat dilayani di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mataram, guna membantu menurunkan risiko gejala berat akibat COVID-19.

"Vaksinasi COVID-19 di KKP Mataram tetap diberikan secara gratis. Jadi silakan jika ada masyarakat yang ingin melakukan vaksin," kata Plt Kepala Dinkes Kota Mataram Emirald Isfihan di Mataram, Kamis.

Hal tersebut disampaikan menyikapi terjadinya tren peningkatan kasus COVID-19 di ibu kota yang harus menjadi atensi bersama untuk melakukan langkah pencegahan, salah satunya dengan melakukan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Sebanyak 68,83 juta penduduk terima vaksin dosis ketiga

Menurutnya, saat ini layanan vaksinasi COVID-19 pada 11 puskesmas se-Kota Mataram sudah dihentikan karena dosis vaksin tidak tersedia.

Kendati Dinkes Kota Mataram sudah mengusulkan untuk ketersediaan stok vaksin COVID-19, namun pihaknya tidak bisa mendapatkan kuota sebab ketersediaan vaksin sangat terbatas dan semua diarahkan ke KKP Mataram.

"Jadi vaksin COVID-19 saat ini sudah ada di KKP yang dikirim oleh Dinkes Provinsi NTB, sehingga layanan vaksinasi COVID-19 kini terpusat di KKP," katanya.

Menurutnya, kasus COVID-19 di Kota Mataram hingga saat ini belum ditemukan, namun kewaspadaan sebagai upaya pencegahan harus terus ditingkatkan.

Karena itu, imbauan pencegahan promotif dan preventif COVID-19 harus terus digencarkan, antara lain bagaimana masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan serta menggunakan masker ketika berada di kerumunan.

Di samping itu, Emirald juga mengimbau masyarakat agar segera berobat ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat ketika mengalami gangguan kesehatan.

"Ketika masyarakat mengalami gejala demam, batuk, pilek, sesak nafas, harus segera ke faskes terdekat dan 11 puskesmas di Mataram siap melayani secara gratis," katanya.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Pemkot Mataram tiadakan perayaan malam Tahun Baru 2024