Mataram tetap menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 di puskesmas

id vaksinasi COVID-19 di Mataram,Covid-19 di Mataram,vaksinasi,COVID-19

Mataram tetap menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 di puskesmas

Arsip Foto- Suasana pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat tetap menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 di sebelas puskesmas di wilayahnya meskipun Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan COVID-19 sudah tidak menjadi kedaruratan kesehatan global.

"Vaksinasi COVID-19 juga tetap diberikan gratis. Jadi masyarakat bisa datang kapan saja, petugas kami siap melayani," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 pun masih diterapkan di semua fasilitas kesehatan.

"Kita tidak serta merta meminta petugas tidak memakai masker, sebab setiap layanan kesehatan punya standar masing-masing. Petugas kami masih menggunakan masker sebagai upaya melindungi diri," katanya.

Usman mengingatkan warga untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penularan penyakit.

"Penerapan PHBS, salah satunya mencuci tangan dengan sabun, penting untuk memutus rantai penyebaran penyakit. Terlihat sepele, tapi punya dampak besar," katanya.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mataram Lalu Martawang sebelumnya juga mengemukakan pentingnya kewaspadaan untuk menghindari penularan penyakit.

Dia mengatakan bahwa vaksinasi dan penerapan PHBS, termasuk memakai masker dan mencuci tangan, penting untuk mencegah penularan penyakit.