Pemkot Bima meraih WTP 10 kali berturut-turut dari BPK

id Pemkot Bima,NTB,BPK RI,WTP,Pemkot Bima Raih WTP dari BPK

Pemkot Bima meraih WTP 10 kali berturut-turut dari BPK

Penjabat Wali Kota Bima, Mohammad Rum (kiri) menerima penghargaan WTP 10 kali berturut-turut dari BPK di Kantor BPK NTB di Kota Mataram. ANTARA/HO-Kominfotik Kota Bima

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dengan demikian opini WTP tersebut menjadi yang ke-10 kali berturut-turut. Penjabat Wali Kota Bima, Mohammad Rum melalui keterangan tertulis di Mataram, Jumat, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi-nya kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan dalam mengelola keuangan daerah.

Sebab, kata dia, pencapaian tersebut bukan hanya sekadar prestasi, tetapi juga merupakan tanggung jawab besar untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan.

"Predikat WTP ini adalah hasil dari komitmen bersama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kota Bima. Namun, jangan sampai kita berpuas diri. Kita harus terus berupaya menjaga transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam setiap aspek pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa predikat WTP ke-10 ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pegawai pemerintah Kota Bima untuk bekerja lebih giat lagi. Untuk itu, ia berharap prestasi ini dapat mendorong peningkatan pelayanan publik dan pembangunan yang lebih merata di Kota Bima.

"Predikat ini menjadi dorongan bagi kita semua untuk terus berinovasi dalam pengelolaan keuangan. Kita harus memastikan setiap rupiah dari anggaran daerah digunakan secara efektif dan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat," katanya didampingi Ketua DPRD Kota Bima, Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektur Inspektorat Kota Bima, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah raih WTP ke 12 dari BPK
Baca juga: Sumbawa Barat pertahankan predikat WTP


Untuk itu, Rum mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam bidang keuangan serta mengikuti perkembangan regulasi yang ada. Termasuk, pentingnya kolaborasi antara semua pihak, termasuk DPRD dan masyarakat, untuk menjaga keberlanjutan predikat WTP di tahun-tahun mendatang.

"Kerja sama dan sinergi antara pemerintah, DPRD, dan masyarakat adalah kunci utama untuk mempertahankan prestasi ini. Mari kita terus bekerja bersama untuk membangun Kota Bima yang lebih baik dan sejahtera," katanya.