Gempa bumi 4,6 SR guncang Lombok Timur

id Gempa bumi,guncang Lotim,Lombok Timur,4,6 SR

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 9 kilometer arah Barat Laut Pulau Panjang, NTB, pada kedalaman 10 kilometer
Mataram (Antaranews NTB) - Gempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB), Selasa, pukul 18.05 Wita, namun tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan pusat gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8,39 lintang selatan dan 116,84 bujur timur.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 9 kilometer arah Barat Laut Pulau Panjang, NTB, pada kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Agus mengatakan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Menurut dia, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur dan Sumbawa III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Ia mengimbau warga di wilayah Lombok Timur agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.