Mendagri: Mengkaji dulu manfaat sebelum izin ke luar negeri

id mendagri, Tjahjo Kumolo,izin keluar negeri

Mendagri: Mengkaji dulu manfaat sebelum izin ke luar negeri

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Mataram (ANTARA) -  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah agar mengkaji manfaat dari kunjungan kerja yang akan dilakukan ke luar negeri sebelum mengajukan izin pada pihaknya.

"Kaji dulu, kalau dirasa sangat bermanfaat, tidak ada masalah," katanya terkait adanya kepala daerah yang dinilai terlalu sering mengajukan izin untuk ke luar negeri, di Padang, Kamis.

Menurutnya semua izin yang diajukan kepala daerah pasti ditelaah oleh pihaknya untuk melihat seberapa besar manfaatnya bagi daerah dari kunjungan itu.

Kalau dinilai kunjungan itu untuk kemajuan daerahnya seperti sister city apalagi untuk mencari investasi, akan diberikan izin.

Namun kalau tujuannya hanya untuk melihat pameran apalagi jalan-jalan, Tjahjo menegaskan sebaiknya menggunakan teknologi informasi yang ada saja, tidak perlu ke luar negeri.

Terkait kepala daerah yang sering mengajukan izin ke luar negeri, Mendagri mengatakan sudah memberikan peringatan. Namun ia tidak merinci siapa saja kepala daerah itu.

Tjahjo Kumolo datang ke Padang untuk membuka kegiatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat nasional ke-57 tahun 2019.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno merupakan salah satu kepala daerah yang terbilang sering melakukan kunjungan ke luar negeri.

Terakhir ia mengunjungi Azerbaijan dalam rangka menghadiri Sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB dalam penetapan bekas tambang batu bara Ombilin sebagai warisan budaya dunia.

Kunjungan lain sebagian besar adalah untuk "menjual" peluang investasi di provinsi itu.***3***