FADEL MUHAMMAD SIAP PENJARAKAN PERUSAK LINGKUNGAN PANTAI

id



Pekalongan (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, menyatakan siap menyeret para perusak konservasi pesisir ke pengadilan. Langkah itu dia lakukan demi  mengamankan ekosistem pantai di Indonesia yang mengalami kerusakan semakin parah.

"Kami akan memenjarakan para pengusaha yang terbukti merusak ekosistem pantai karena kerusakan terindikasi adanya kesengajaan dari mereka," katanya di Pekalongan, Jumat dinihari.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah secara gencar kampanye pengembalian ekosistem pantai yang dinilai sudah melebihi ambang kerusakan.

Kerusakan parah ekosistem pantai itu, katanya, dibuktikan dengan abrasi pantai yang  semakin luas hingga ke permukiman dan hilangnya ikan dari habitat pantai.

"Pemukiman penduduk sekitar pantai terancam terendam sedangkan produksi ikan nelayan turun karena lari menjauh dari sekitar pantai," katanya.

Ia mengatakan, kementerian yang dipimpinnya bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan sudah menyiapkan puluhan juta bibit mangrove untuk membantu pengembalian ekosistem pantai.

Bahkan, katanya, kampanye melalui gerakan penanaman mangrove itu juga melibatkan elemen generasi muda melalui pramuka, pelajar, dan santri. (*)