PEMILIH POTENSIAL DI LOMBOK UTARA 169.049 ORANG Oleh Masnun

id

     Mataram, 8/2 (Antara) - Pemilih potensial di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang tercantum dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2014 sebanyak 169.049 orang.

     Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipl (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Utara Hj Marniati di Tanjung, Jumat, mengatakan jumlah pemilih potensial tersebut terdiri atas 83.766 orang laki-laki dan 85.283 perempuan.

     Ia mengatakan, data kependudukan secara keseluruhan itu sesuai agregat data penduduk Kabupaten Lombok Utara pada 31 Januari 2013 sebanyak 242.921 jiwa.

     DP4 tersebut telah diserahkan Kepala Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu pada Kamis (7/2) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fajar Marta.

     Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu mengatakan, DP4 yang telah diserahkan itu merupakan hasil kerja keras dan kerja sama yang baik antara Disdukcapil dan personel di tingkat kecamatan serta desa/kelurahan dalam menghimpun dan melaporkan data yang terkait peristiwa kependudukan.

     "Peristiwa kependudukan inilah yang menjadi faktor perubahan terhadap jumlah penduduk, di antaranya  kelahiran, meninggal dunia, pernikahan dan pindah alamat," katanya.

     Karena itu, katanya, perlu dimaklumi pada saat ada perbedaan data kependudukan yang bersumber dari pemerintah daerah dengan sumber-sumber lain yang menggunakan data survei pada kurun waktu tertentu, harus disikapi dengan bijaksana.

      Penyerahan DP4 tersebut, katanya,  merupakan bagian tahapan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014, karena merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) hingga menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

      "Saya mengimbau para kepala desa dan camat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka menghadapi pemilu anggota legislatif yang akan dilaksanakan pada 2014," ujarnya.(*)