Gubernur Kalsel minta kelestarian situs Geopark Meratus

id Geopark, meratus,Unesco

Gubernur Kalsel minta kelestarian situs Geopark Meratus

Air terjun Mandin Mangapan di Kabupaten Banjar menjadi situs Geopark Meratus di Kalsel. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta masyarakat dapat turut menjaga kelestarian situs Geopark Meratus yang saat ini tengah diperjuangkan untuk menjadi UNESCO Global Geopark. "Ada 50 situs dari Geopark Meratus yang terbagi beberapa bagian seperti intangible site, budaya, infrastruktur, situs alami, geologi dan sosial ekonomi," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalsel terus menyosialisasikan pentingnya bagi semua orang untuk menjaga kelestarian maha karya taman bumi atau Geopark Meratus yang sudah mendapat pengakuan secara nasional dan kini tengah diperjuangkan ke tingkat internasional.

Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu, sumber daya alam terbarukan menjadi skala prioritas yang saat ini digalakkan. Adapun sektor pariwisata yang merupakan bagian dari program tersebut menjadikan Geopark Meratus sebagai andalan ke depan dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam di Kalsel.

Di antara situs Geopark Meratus yang menjadi objek wisata alam unggulan yaitu Goa Liang Bangkai di Kabupaten Tanah Bumbu dan air terjun Mandin Mangapan di Kabupaten Banjar. Gubernur berharap dua situs ini bisa terjaga keasriannya serta selalu diawasi pengunjung yang datang agar tidak merusaknya termasuk keberadaan flora maupun fauna yang hidup di sekitarnya.

Baca juga: Agency to conduct research on artifacts found at Meratus Geopark
Baca juga: Geopark Tambora menggelar geowisata untuk pariwisata berkelanjutan


Diketahui Geopark atau Taman Bumi merupakan wilayah geografis tunggal yang menyatu, dimana situs geologi dan bentang alamnya dikelola secara holistik dengan
komponen pengembangan kawasan Geopark meliputi pengembangan masyarakat, pembangunan ekonomi dan konservasi.