Pemkot mataram bebaskan lahan untuk pelebaran jalan

id jalan,alternatif

Kami dengan Pemprov NTB sharing dana untuk proyek pelebaran jalan tersebut, karena Jalan Bung Hatta merupakan jalan negara akan dibangun lebih lebar dan lebih bagus guna mengurangi kemacetan arus lalu lintas. Karena itu perlu dilakukan pembebasan lah
Mataram,(Antara) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat akan membebasakan lahan untuk pelebaran Jalan Bung Hatta Mataram sekitar 50 meter dari permukiman penduduk.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram HL Makmur Said di Mataram, Jumat, mengatakan untuk membebaskan lahan itu pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp4,5 miliar. Sebelumnya juga telah dilakukan pelebaran Jalan Bung Hatta.

Ia mengatakan, untuk proyek pelebaran jalan Pemerintah Kota Mataram telah menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar hingga Rp15 miliar yang bersumber dari dari APBD.

Menurut dia, dana untuk proyek pembangunan jalan Bung Hatta sepanjang 2,1 km itu merupakan dana sharing dari Pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Provinsi NTB.

"Kami dengan Pemprov NTB sharing dana untuk proyek pelebaran jalan tersebut, karena Jalan Bung Hatta merupakan jalan negara akan dibangun lebih lebar dan lebih bagus guna mengurangi kemacetan arus lalu lintas. Karena itu perlu dilakukan pembebasan lahan," katanya.

Proses pembebasan lahan untuk proyek pelebaran jalan Bung Hatta terbagi dalam dua bagian yakni bagian selatan dan bagian utara sungai jangkuk dan penambahan yang akan dilakuakn termasuk di bagian selatan.

"Pembangunan Jalan Bung Hatta Mataram itu mendapat dukungan dari Balai Jalan Nasional karena merupakan lanjutan proyek dari Jalan Gajah Mada dan sisa dari Jalan Tohpati," katanya.

"Pada pembebasan lahan untuk pelebaran jalan beberapa bulan mengakibatkan sebanyak 78 rumah direlokasi dan dengan adanya penambahan lahan yang dibebaskan ada tambahan 10 bangunan termasuk bangunan Sekolah Dasar Negri yang harus direlokasi," ujarnya.

Ia mengatakan, penambahan lahan yang akan dibebaskan itu saat ini dilakukan sosialisai dan sejauh ini tidak menimbulkan masalah karena pelebaran jalan itu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

***4**

(T.KR-SZH/B/M025/M025) 26-07-2013 13:22:37