Pembangunan TPST modern Mataram dimulai Juni

id TSPT ,Mataram,modern

Pembangunan TPST modern Mataram dimulai Juni

Sejumlah pekerja melakukan pengolahan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sandubaya Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan pembangunan fisik Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) modern di Kecamatan Sandubaya dengan anggaran Rp25 miliar akan dimulai pada Juni 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Kamis, mengatakan,jika tidak ada kendala, Juni 2023 kegiatan fisik pembangunan TPST modern di Sandubaya akan dimulai.

"Untuk tendernya sudah dilaksanakan di tingkat pemerintah pusat sebab anggaran sebesar Rp25 miliar untuk membangun TPST itu bersumber dari pusat. Kami hanya siapkan lahan seluas 5.300 meter per segi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, saat ini pemerintah kota sifatnya menunggu tahapan untuk tahapan pembangunan dari pemerintah pusat sebab berdasarkan hasil koordinasi terakhir untuk desain sudah tidak ada masalah.

"Sebelumnya, kami sempat mengubah desain bangunan agar tidak terlihat seperti gudang, dan bangunan harus bermuatan kearifan lokal. Bila perlu bangunan TPST itu terlihat seperti hotel, tetapi di dalam untuk kelola sampah," katanya.

Menurut dia, dengan anggaran sebesar Rp25 miliar itu selain akan dibangun fisik juga untuk menyiapkan fasilitas dan sarana prasarana pendukung di TPST tersebut sehingga ke depan bisa menjadi TPST modern percontohan di daerah ini.

TPST itu akan menjadi pusat pemilahan, pengolahan, pengembangan budi daya maggot, dan pengumpulan sampah organik sebagai bahan bakar pembangkit listrik oleh PT PLN.

"Di TPST modern, semua proses penanganan sampah dilakukan melalui teknologi modern sehingga bisa lebih cepat," katanya.